Bagian Bagian Dari Microsoft Excel

Bagian Bagian Dari Microsoft Excel – Ada baiknya Anda membiasakan diri dengan fitur dan komponen MS Excel sebelum mulai membuat aplikasi Microsoft Excel. Tujuannya agar kita mengetahui fungsi dari bagian-bagian tersebut. Untuk memudahkan aplikasi ini bagi kita dalam proses pembelajaran.

Bahkan, Microsoft selalu merilis aplikasi Ms Excel terbaru dalam berbagai bentuk dari waktu ke waktu. Namun dari Excel 2007 hingga versi sekarang, tampilannya masih tidak jauh berbeda. Nah demo dibawah ini juga merupakan bagian dari MS Excel 2019. Tampilan ini tidak jauh berbeda dengan versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. Jadi jika anda masih menggunakan versi tersebut, anda masih bisa menggunakan dan mengikuti materi ini.

Bagian Bagian Dari Microsoft Excel

Beberapa bagian dari aplikasi ini mirip dengan MS Word. seperti Bilah Alat Akses Cepat, Bilah Judul, Manajemen Jendela, Pita, dan Tampilan Halaman. Jadi kami tidak akan mengulanginya di sini. Jika Anda tidak terbiasa dengan kelas ini dan fungsinya, silakan baca lebih lanjut tentang objek kelas Microsoft Word. Selanjutnya kita akan membahas bagian-bagian yang tidak dibahas dalam artikel.

Fungsi Scroll Bar Pada Microsoft Excel

Kotak nama adalah bagian dari Microsoft Excel yang terletak di kiri atas pita yang memberikan informasi tentang sel yang aktif. Fungsi kotak nama pada Microsoft Excel adalah untuk menampilkan posisi sel aktif sehingga pengguna dapat menentukan posisi baris dan kolom sel tersebut.

Spasi sel untuk huruf dan angka muncul di kotak Nama. Huruf menunjukkan posisi kolom sedangkan angka menunjukkan posisi baris. Misalnya, B3 berarti sel aktif berada di baris 3 di kolom B.

Bilah rumus adalah elemen MS Excel di sebelah kotak nama yang digunakan untuk memasukkan, mengedit, dan menampilkan konten sel aktif. Isi yang dimaksud bisa bermacam-macam dari mulai teks, angka dan juga rumus atau fungsi.

Area tempat penulisan rumus Excel disebut bilah rumus. Saat menulis rumus di Excel, harus diawali dengan tanda atau simbol sama dengan

Cara Menampilkan Satu Baris Bagian Atas

Kolom tajuk atau nama kolom terletak di atas sel di area lembar kerja. Fungsi header kolom adalah untuk menampilkan nama setiap kolom. Setiap kolom diberi label dengan huruf.

Judul baris atau nama baris ada di sisi kiri sel. Tidak seperti nama kolom yang berupa huruf, nama baris berupa angka. Header baris juga dapat digunakan untuk menyorot semua sel dalam satu baris hanya dengan mengklik header.

Sebenarnya mirip dengan MS Word, KKS adalah worksheet tempat kita memasukkan konten ke dalam aplikasi MS Excel. Perbedaannya adalah word sheet pada microsoft excel berbentuk tabel.

Tab lembar kerja ada di bagian bawah lembar kerja untuk beralih ke lembar kerja lain. Di tab sheets kita bisa menambahkan lembar kerja baru, mengedit nama, menghapus lembar kerja dan juga mewarnai tab.

Pengenalan, Pengertian Dan Manfaat Microsoft Excel

Secara umum, 6 bagian di atas sangat penting untuk dipahami. Seperti disebutkan sebelumnya, sangat disarankan untuk menerjemahkan MS Word sebelum mempelajari MS Excel. Seperti yang ditunjukkan pada artikel ini, ada bagian yang dijelaskan secara lengkap di Word, Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah angka yang merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office. Perangkat lunak ini sering digunakan untuk menghitung, menyimpan, mengatur, dan menganalisis data. Penggunaan perangkat lunak ini sangat beragam, mulai dari menyiapkan anggaran bulanan, mencatat dan mendaftarkan akun bisnis, atau mengelola data besar untuk keperluan analisis statistik. Aplikasi ini disebut juga dengan Spreadsheet (Excel). Tidak seperti perangkat lunak manajemen kata, dokumen Excel terdiri dari kolom dan baris data, yang berisi sel data. Setiap sel dapat berisi teks serta nilai numerik yang dapat dihitung menggunakan rumus.

Bilah Alat Akses Cepat: Kumpulan tombol pintasan yang umum digunakan untuk perintah umum. Itu dapat ditambahkan atau dihapus, tetapi secara default termasuk Simpan, Batalkan, dan Ulangi Pita: Berisi sekumpulan tab yang diatur menurut kategori tertentu, seperti Beranda, Sisipkan, Tata Letak Halaman, Rumus. Setiap tab berisi beberapa grup perintah, seperti font, perataan, angka. Judul: Menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka Kotak Nama: Menampilkan posisi sel yang dipilih atau “Nama”. Sel: Sel adalah setiap persegi panjang di buku kerja yang merupakan perpotongan antara kolom dan baris. Baris: Baris adalah kelompok sel yang dipisahkan secara numerik yang bergerak dari kiri ke kanan pada halaman. Formula Bar: Tempat untuk memasukkan atau mengedit data, formula, atau fungsi dalam sel tertentu. Gulir di antara lembar kerja: Digunakan untuk memindahkan lembar kerja. Mereka juga disebut lembar kerja atau buku kerja. Setiap lembar kerja memiliki satu atau lebih lembar kerja, seperti Lembar1, Lembar2, …dll. Klik kanan untuk opsi lainnya dan klik tab untuk beralih di antaranya. Klik untuk Menambahkan Lembar Kerja Baru: Digunakan untuk menambahkan lembar kerja baru. Tampilan Standar: Ini adalah mode tampilan standar, yang menunjukkan jumlah sel dan kolom yang tidak terbatas. Tampilan Tata Letak Halaman: Tampilan ini membagi lembar kerja menjadi beberapa halaman. Tampilan Hentian Halaman: Opsi untuk menampilkan halaman ikhtisar, sangat membantu saat menambahkan jeda halaman Scroll Bar: Tersedia di bagian bawah dan kanan untuk memindahkan tampilan ke atas dan ke bawah atau ke kanan dan ke kiri.

Demikian pembahasan mengenai komponen Microsoft Excel 2013.

Kebijakan Komentar: Silakan tulis komentar Anda sesuai dengan judul artikel halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan hingga disetujui. Mengetahui bagian-bagian dari Ny. Excel 2016 dan fungsinya adalah metode yang tepat dipilih sebelum membuat program ini, sehingga kita dapat menggunakannya dengan mudah. Excel 2016 tidak jauh berbeda dengan versi 2007 dan 2010, menggunakan menu ribbon yang sama.

Cara Membuat Tabel Di Excel Dengan Mudah Dan Cepat

Miss Excel terletak di bagian atas, dan berisi nama file yang aktif. Semua perangkat lunak komputer memiliki bagian ini. Umumnya, title bar digunakan untuk menunjukkan nama file yang dibuka di dalam program.

Bilah Akses Cepat terletak di kiri atas jendela Microsoft Excel. Seperti namanya akses cepat, bilah ini digunakan untuk mempercepat eksekusi perintah yang diperlukan oleh pengguna. Secara default, Bilah Akses Cepat berisi tombol Simpan, Batalkan, dan Ulangi, tetapi ini dapat diubah sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

Jika Akses Cepat ada di sisi kiri, itu kebalikan dari tombol ukuran. Ada tiga tombol di pojok kanan atas, meski di dalamnya ada empat tombol. Tombol ukuran digunakan untuk mengatur ukuran jendela MS. superior Maximize untuk memperbesar atau memperbesar ukuran jendela, Minimize untuk menyembunyikan atau menutup sementara jendela, Restore untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula, dan Restore untuk menutup jendela.

Menu bar berisi perintah menu yang terdiri dari submenu atau toolbar. Untuk MS Excel 2016, submenu mengarah langsung ke pita yang berisi ikon Excel.

Fungsi Cells Pada Microsoft Excel

Toolbar adalah deretan tombol grafis atau biasa dikenal dengan ikon yang membantu kita memilih perintah dengan cepat, terutama untuk perintah yang sering digunakan. Untuk Microsoft Excel 2016, toolbar telah diintegrasikan ke dalam bagian baru dengan tampilan yang lebih menarik dan disebut Menu Ribbon. Pada menu Ribbon, pengelompokan icon lebih jelas dan jelas sehingga lebih mudah ditemukan.

Secara default, bilah nama berada di bawah menu dan di sebelah bilah rumus. Bagian Ms Excel ini digunakan untuk menampilkan nama atau alamat sel aktif. Jadi, kita bisa melihat nama atau alamat sel di bagian name bar ini.

Selaras dengan bilah nama, bilah rumus terletak di sebelah kanan bilah nama. Formula bar digunakan untuk menampilkan isi sel. Dikatakan juga bahwa bagian ini digunakan untuk menulis formula atau formula Excel.

Baris atau baris yang kita sebut deretan angka disusun secara vertikal dan dimulai dari angka 1 sampai 1048576. Fungsi ini menentukan alamat sel pada bagian baris.

Format Angka Yang Tersedia Dalam Excel

Atau kolom disebut di Indonesia, itu adalah tubuh Ms. Utilitas Excel untuk memisahkan alamat kolom dari sel. Kolom di Excel adalah huruf yang disusun secara horizontal dimulai dengan “A” dan diakhiri dengan huruf “XFD”.

Ini adalah persimpangan kolom dan baris. Saat kami memilih sel, bilah nama menunjukkan alamat sel yang kami pilih. Penulisan alamat sel dimulai dengan garis di sebelah kolom alamat, misalnya A1; Di sini, sel yang ingin kita pilih ada di kolom “A” dan “1”.

Lembar kerja, atau lembar kerja, adalah tempat kita mengerjakan file yang kita buat. Pada bagian ini terdapat sekumpulan sel yang digunakan sebagai tempat pengisian data.

Seperti namanya, bilah gulir digunakan untuk menggulir lembar Excel. Umumnya tool ini digunakan oleh pengguna yang memiliki banyak data dan tidak dapat melihatnya dalam satu tampilan, maka digunakan scroll bar. Bilah gulir terdiri dari dua bagian, bilah gulir vertikal (untuk menggulir vertikal ke atas dan ke bawah) dan bilah gulir horizontal (untuk menggulir horizontal ke kiri dan kanan).

Excel 2007 Bagian 1

Tab Lembar mengaktifkan lembar. Terkadang pengguna memiliki data yang kompleks dan dibagi menjadi beberapa sheet, sehingga tab sheet dapat digunakan untuk memilih sheet saat ini. Pemilihan sheet juga dapat dilakukan dengan menekan tombol “Ctrl” + “Page Up” atau “Page Down”.

Bilah status terletak di bagian bawah Microsoft Excel. Bagian ini memberikan informasi tentang status buku kerja yang aktif. Saat pertama kali dibuka, bilah status bertuliskan Siap.

Oleh karena itu, uraian singkat tentang bagian wanita. Excel 2016. Untuk lebih jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like