Cara Beriklan Di Google Adwords

Cara Beriklan Di Google Adwords – Pada artikel berikut, Anda akan mempelajari panduan lengkap cara membuat iklan di Google Ads Indonesia!

Menerapkan Iklan Google Ads dapat menjadi keputusan terbaik yang Anda ambil untuk pengembangan bisnis Anda. Kalimat itu mungkin berlebihan.

Cara Beriklan Di Google Adwords

Artinya, setiap pencarian di Google memiliki peluang bagi perusahaan untuk menampilkan gambar besar atau merek atau produk dengan jangkauan yang luas.

Panduan Cara Beriklan Di Google Ads Yang Tepat

Dengan menggunakan iklan Google Ads “akan dapat” meningkatkan prospek (leads), konversi (konversi) dan penjualan (sales). Pada titik inilah Google Ads berperan.

Fungsi Google Ads untuk membuat iklan dan promosi produk dan layanan kami muncul kepada pengguna saat mereka menelusuri istilah yang relevan di hasil penelusuran. Optimasi iklan yang baik dan akurat berpotensi meningkatkan prospek (leads) dan penjualan (sales).

Oke, mari selami lebih dalam apa itu iklan Google Ads, bagaimana cara menggunakan Google Ads, dan bagaimana proses yang tepat untuk mempersiapkannya agar bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Awalnya bernama Google Adwords, kemudian pada tahun 2018 atau 4 tahun lalu, perusahaan mesin pencari tersebut resmi mengganti nama layanannya menjadi Google Ads.

Inilah Cara Membuat Iklan Di Google Ads, Mudah Dan Cepat!

Cara kerjanya masih sama: ketika pengguna memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari, kata kunci tersebut ditampilkan di halaman hasil mesin pencari atau yang dikenal dengan halaman hasil mesin pencari (SERP) di pencarian Google mereka.

Dalam konteks ini, hasil yang dimaksud adalah cakupan iklan berbayar yang ditampilkan oleh situs web dari kata kunci target.

Dari gambar tersebut terlihat bahwa posisi iklan berada di atas search engine. Mereka juga terlihat hampir identik dengan hasil pencarian organik kecuali tanda “iklan” tebal di sebelah posting permintaan pencarian mesin pencari.

Ini bagus untuk pemasar digital atau pemasar internet, bukan? Urutan paling awal di Google mendapat peluang lebih besar untuk diklik daripada urutan paling bawah di hasil pencarian, yang artinya web traffic meningkat ketika website kita berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Atau secara kasar, sebagian besar kunjungan ke situs web kami terjadi ketika situs web kami berada di bagian atas halaman atau posisi teratas di halaman hasil pencarian.

Sebagai catatan, membeli iklan di Google Ads tidak serta merta memastikan bisnis/merek/citra perusahaan Anda langsung berada di posisi teratas halaman arahan atau profil perusahaan Anda. Untuk apa? Anda kemungkinan akan memiliki banyak pesaing atau pemasar digital lainnya yang bersaing untuk kata kunci yang sama dengan iklan bisnis Anda di Google Ads.

Anda juga dapat melihat bahwa pada Gambar 1.1 di atas pada hasil pencarian terdapat 2 website berbeda dengan kata kunci yang sama.

Untuk memahami peringkat posisi iklan, mari kita langsung ke inti cara kerja Google Ads dengan tepat.

Sederhananya, tawaran yang Anda buat adalah “kinerja maksimal” Anda – atau jumlah maksimum yang akan Anda bayarkan untuk iklan berbayar. Tentang penawaran mahal dan murah yang ditentukan dalam kata kunci dapat bergantung pada jumlah pencarian Google dan tingkat persaingan.

Rahasia Hitung Biaya Google Ads Terbongkar, Begini Caranya!

Tapi mahal atau murahnya adalah patokan yang relevan, tidak perlu diperdebatkan, karena standar murah dan mahal tentu juga berbeda.

Oke… misalkan max bid anda adalah RP. 50.000 dan Google menentukan bahwa biaya per klik Anda adalah Rp. 15.000, Anda mendapatkan penempatan iklan! Tetapi jika mereka benar-benar memutuskan bahwa nilai tawaran yang harus Anda bayar untuk iklan tersebut lebih dari RP. 50.000, secara rasional Anda tidak akan mendapatkan penempatan iklan ini di permintaan pencarian.

Alternatifnya, Anda dapat menetapkan anggaran harian maksimum untuk semua iklan Anda. Agar nantinya Anda tidak pernah mengeluarkan anggaran lebih dari jumlah yang disepakati atau ditetapkan untuk iklan setiap harinya, tips ini sangat berguna dalam menganalisa biaya kampanye iklan digital marketing Anda.

Google membandingkan peringkat iklan dengan Google Ads dan juga mengambil jumlah tawaran dari opsi, peringkat yang dimaksud adalah skor kualitas, menurut Google:

Cara Bidding Google Ads Dengan Mudah

Skornya antara 1 dan 10 – di mana 10 adalah skor terbaik. Singkatnya: semakin tinggi skor kualitas iklan Google Ads Anda, semakin baik peringkat Anda, semakin sedikit pengeluaran Anda untuk biaya konversi iklan.

Anda menggabungkan dengan jumlah tawaran Anda membuat peringkat iklan – posisi iklan Anda muncul di permintaan pencarian mesin pencari.

Ketika seseorang melihat iklan dan kemudian mengklik iklan tersebut, pengiklan membayar biaya yang lebih kecil daripada sistem lelang untuk BPK iklan tersebut.

Pengaruh skor kualitas dan jumlah tawaran cukup penting untuk memicu peringkat iklan dan biaya per klik (BPK) iklan.

Panduan Cara Beriklan Di Google Ads Dari A Z Untuk Pemula

Konsepnya adalah semakin banyak pengguna Google mengklik iklan, semakin besar pula digital marketer akan mencapai tujuan periklanan Google Ads mereka. Misalnya: memberi prospek (leads), atau melakukan pembelian (sales).

Iklan kampanye pencarian ditampilkan dalam bentuk teks iklan di mesin pencari untuk kata kunci yang ditargetkan seperti pencarian organik.

Ini adalah iklan yang paling mungkin relevan dengan hasil pencarian Anda. Mereka muncul di halaman hasil pencarian dengan simbol “iklan” di sebelahnya.

Dengan Shopping Ads, kita bisa mempromosikan produk dengan gaya visual yang muncul pada pencarian gambar di hasil pencarian dan juga di tab Google Shopping:

Cara Beriklan Google Ads Dari A | Schmu.id

Kampanye belanja sangat cocok jika Anda memiliki produk fisik, dengan menggunakan Google Shopping Ads Anda bisa mendapatkan prospek yang berkualitas karena produk muncul langsung ke calon pelanggan.

Juga dikenal sebagai Jaringan Display Google, pengiklan menggunakan mitra situs web pihak ketiga Google yang jangkauannya sangat luas untuk menampilkan iklan di seluruh Internet yang terkait dengan Google Adsense.

Iklan bergambar sendiri juga cukup fleksibel dalam banyak hal. Iklan tersebut bisa berupa gambar, teks, iklan video bahkan GIF.

Sayangnya, posisi iklan dapat muncul di situs web yang tidak kita inginkan atau sebelum video yang tidak ingin dikaitkan dengan merek atau perusahaan.

Cara Pasang Iklan Di Google Untuk Optimalkan Bisnis

Pernahkah Anda menonton YouTube? Lalu ada iklan sebelum video yang diputar dimulai? Ini adalah kampanye iklan video Google Ads.

Iklan video datang dalam berbagai jenis, misalnya ada iklan video yang dapat Anda lewati seperti yang ditunjukkan di atas. Ada iklan yang tidak bisa kita lewati, seperti:

Sama halnya dengan kampanye video, iklan aplikasi juga ada di Jaringan Display Google, bedanya Anda menetapkan target.

Anda tidak perlu merencanakan setiap iklan secara terpisah, karena sistem kampanye aplikasi bersifat dinamis, Jaringan Display Google akan secara otomatis menelusuri aset aplikasi untuk membuat iklan yang sempurna.

Cara Pasang Iklan Di Google Ads Dalam 9 Langkah Mudah

Dalam proses ini, sifat-sifat yang berbeda dari algoritme diuji dan yang memiliki kinerja terbaik lebih sering diambil.

Pada umumnya harga per klik di Indonesia biasanya antara Rp. 500 – Rp. 5000 tapi dalam istilah tertentu cost per click CPC bisa lebih mahal 3-4 kali lipat dari itu.

Namun, spesifikasi biaya Google Ads Anda akan bervariasi berdasarkan banyak faktor yang memengaruhi iklan, baik itu kualitas situs web, relevansi kata kunci, atau strategi penawaran Anda.

Dengan demikian, budget iklan yang besar dengan tawaran maksimal yang besar belum tentu mendapatkan posisi iklan yang bagus. Sistem lelang iklan dan peringkat iklan Google mendukung situs web yang paling berguna dan menjawab kebutuhan pengguna dengan skor kualitas yang lebih tinggi.

Cara Meningkatkan Ranking Google Ads Ke Posisi Pertama Di Google

Bisa jadi BPK Anda lebih murah daripada perusahaan besar dengan anggaran iklan besar hanya karena pengaruh kualitas iklan Anda jauh lebih baik.

Oke… Setelah Anda memahami biaya iklan, jenis-jenis iklan Google Ads dan apa itu Google Ads, optimalkan iklan berbayar Anda dengan tools riset kata kunci gratis dari Google Keyword Planner.

Perencana Kata Kunci Google adalah alat penelitian kata kunci gratis dari Google untuk menganalisis pemirsa dan rencana bisnis Anda dalam iklan berbayar.

Cara kerjanya sederhana: masukkan kata atau frasa yang terkait dengan merek Anda di perencana kata kunci, dan Anda akan mendapatkan wawasan dari kata tersebut, data juga akan menunjukkan seberapa sering orang mencari kata kunci tersebut.

Cara Cerdas Beriklan Dengan Google Adwords

Anda juga dapat membuat prediksi kampanye dari kata kunci yang Anda kumpulkan, yang darinya Anda dapat membuat analisis yang lebih baik tentang kampanye Google Ads Anda.

Selanjutnya, verifikasi keakuratan informasi bisnis Anda dengan memilih zona waktu, mata uang, dan juga negara tempat iklan tersebut ditayangkan. Kemudian, klik Kirim. Kemudian klik Temukan Perencana Kata Kunci.

Setelah masuk ke dasbor kampanye Google Ads. Klik Alat & Pengaturan di menu atas. Kemudian klik Perencana Kata Kunci.

Selanjutnya, buka Google Keyword Planner. Untuk menemukan kata kunci yang akan ditargetkan, gunakan menu penemuan untuk alat kata kunci baru untuk ide kata kunci atau kata kunci penargetan. Dengan alat ini, Anda dapat mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, tetapi alat ini juga dapat menampilkan gagasan kata kunci baru.

Cara Buat Iklan Di Google Ads Untuk Pemula Terbaru 2023

Setelah mengklik hasilnya, Anda akan mendapatkan daftar kata kunci dan wawasan tentang kata kunci tersebut. Diantara yang lain:

Kolom ini juga menampilkan daftar ide kata kunci yang disarankan. Seiring dengan istilah halus di sisi kanan untuk tujuan tertentu.

Ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Jadi Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk beriklan di Google Ads.

Metode beriklan di Google dengan Smart Mode sangat cocok untuk pemula atau orang yang baru pertama kali beriklan, dengan Google Ads Smart Mode Anda mendapatkan proses yang sangat praktis yang memandu Anda untuk mengatur Google Ads dengan mudah.

Ebook Panduan Memasang Google Ads / Adwords

Dari berbagai sasaran yang dapat Anda gunakan, ada baiknya membuat jenis iklan yang tepat untuk kampanye Anda.

Pada halaman berikutnya Anda bisa mengisi sesuai dengan yang Anda lakukan dengan Google Keyword Planner sebelumnya, masukkan juga nomor telepon untuk membuat ekstensi telepon.

Pada opsi ini akan muncul kotak pratinjau iklan di sisi kanan, Anda dapat membuat judul dan deskripsi iklan.

Pada halaman berikutnya Anda dapat memilih di mana Anda ingin menampilkan iklan Anda. Ini dapat diatur ke alamat tertentu, misalnya target

Jenis Dan Cara Buat Iklan Di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like