Media Sosial Yang Sering Digunakan Untuk Promosi Penjualan Suatu Produk

Media Sosial Yang Sering Digunakan Untuk Promosi Penjualan Suatu Produk – Strategi digital marketing kini bisa dikatakan sebagai strategi yang akan digunakan oleh para pelaku UKM yang tidak ingin ketinggalan dan tenggelam dalam waktu. Kemudahan penggunaan dan alat yang murah membuat peluang besar untuk menggunakan pemasaran digital sebagai platform pemasaran. Mereka mencoba memasarkan produk mereka melalui berbagai platform, dari pesan media yang sederhana hingga yang lebih kompleks seperti pembuatan dan pengoptimalan situs web.

Berbekal keterampilan otodidak dan otodidak, mereka mencoba peruntungan dengan harapan bisa menuai hasil panen internet dengan menjual produknya. Tentu saja, banyak yang berhasil, tetapi sayangnya, beberapa tidak berhenti karena tidak mendatangkan penjualan untuk bisnis mereka.

Media Sosial Yang Sering Digunakan Untuk Promosi Penjualan Suatu Produk

Kita semua tahu bahwa dunia digital marketing menawarkan potensi pasar yang sangat besar, menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia per April 2019 mencapai 171 juta orang. Sekitar 64,8 persen dari total 264 juta penduduk Indonesia terhubung ke Internet (sumber: Kompas.com). Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah transaksi perdagangan online bulanan mencapai Rp13 triliun pada 2019 (sumber: Tempo.com). Artinya, pasar digital di Indonesia merupakan pasar yang potensial, wajar jika usaha kecil dan menengah mencoba datang ke platform pemasaran digital untuk menjual produknya.

Teknik Promosi Yang Mudah Digunakan Pemilik Bisnis

Tidak semua UKM mampu mendapatkan hasil yang baik di dunia pemasaran digital Setidaknya ini adalah pengamatan dan pengalaman saya selama berkecimpung di dunia pemasaran digital Tentu ada banyak alasan mulai dari kapasitas sumber daya manusia hingga strategi risiko yang digunakan yang perlu diperhatikan. ditingkatkan. Mereka berharap bisa berjualan hanya melalui akun media sosial, menulis menjual langsung dengan hanya mengunggah foto produk dan menawarkan harga di sana. Posting jenis yang sama setiap hari, alhasil biar produknya gak laku malah ketinggalan penonton

Seringkali orang yang menghubungi saya mengeluhkan hal yang sama, sudah menggunakan media sosial A, media sosial B, tapi tetap tidak ada penjualan, kenapa? Sebagai praktisi dunia digital marketing, saya memang agak bingung dan kaget ketika melihat sendiri akun mereka. Saya berkata dalam hati, ya tentu saja tidak ada pembelian, orang hanya berjualan setiap hari, lalu bagaimana cara menjual produk?

Jadi sobat UKM jualan channel digital marketing dan offline channel sebenarnya punya tantangan dan pola yang sama. Perbedaannya hanya rata-rata

Bayangkan jika saya adalah penjual keju Sebagai pegadaian yang biasa saya lakukan adalah penjualan dari pintu ke pintu. Jadi saya pergi dari pintu ke pintu dan mungkin sampai di rumah teman UKM lalu mengetuk pintu dan memberikan pot. Namun sayangnya teman-teman saya sudah memiliki panci di dapurnya sehingga tawaran saya ditolak.

Pdf) Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id

Sebagai penjual, kira-kira apakah saya bisa menghindari penolakan dari teman-teman UKM? Ya pasti jangan menyerah. Sebagai seorang penjual, saya diajarkan untuk tidak pernah menyerah dan terus berusaha. Keesokan harinya, pada waktu yang sama seperti hari sebelumnya, saya pergi lagi ke rumah teman UKM saya dan mengetuk pintu . Teman-teman membuka pintu untuk kedua kalinya. Saya mempresentasikan peralatan masak andalan saya untuk dijual lagi. Dan lagi, teman-teman saya juga dapat menolak tawaran saya karena mereka memiliki panci favorit mereka di dapur yang tidak berlubang, penyok, atau mungkin tidak akan menang. belum diganti.

Apakah saya menyerah? Saya tidak yakin. Keesokan harinya saya pergi ke rumah teman UKM yang lain dan mengetuk pintu. Melihat jendela yang sedikit terbuka teman-teman menyadari itu adalah saya lagi sebagai penjual panci Apakah menurut teman-teman UKM akan membuka pintu lagi? Saya percaya jawabannya adalah tidak. Dan mungkin teman-teman hanya masuk ke ruangan dan berpura-pura tidak mendengar

Begitu juga dalam digital marketing, jika setiap hari kita membuat postingan yang hanya menjual produk, lambat laun followers kita akan bosan. Mereka sudah paham kenapa kita tiap hari jualan tanpa jualan di media sosial.Jika kamu melakukan hal seperti di atas, pelan-pelan, percaya atau tidak, akun kamu akan dihapus oleh followers.

Hei, saya menggunakan media sosial untuk menjual produk, apakah itu berarti Anda tidak bisa menjual dengan cara itu? Jika Anda tidak bisa menjual sepanjang waktu, bagaimana saya bisa memiliki orang yang ingin membeli? ‘

Media Promosi Online Paling Efektif Untuk Jualan

Saya paham, pertanyaan itu pasti ada di benak sobat UKM Jangan khawatir dulu, bisa jualan di sosmed, toh akun sobat juga, tapi jangan komplain kalau tidak ada yang beli, karena lambat laun follower sobat UKM pasti akan mulai bosan dan pergi.

Dear Sobat UKM, jangan pendiam seperti netizen sebelah Gak susah bilang gak enak kalau dibilang begitu. akun media masih “bayi” dan tidak memiliki banyak pengikut. Nah, pada tahap awal, sobat UKM sebaiknya mengoptimalkan apa yang disebut dengan strategi konten iklan agar penjualan sobat lebih efektif.

Content marketing adalah strategi pemasaran di mana kita merencanakan, membuat, dan menghadirkan konten yang mampu menarik audiens target yang tepat dan kemudian mendorong mereka untuk menjadi pelanggan (sumber: gidem.com). Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa tujuan dari konten iklan adalah untuk menarik khalayak (audience) baru untuk mempelajari bisnis dan produk kita. Sedangkan tujuan kedua adalah untuk mendorong atau mengajak mereka menjadi pelanggan

Langkah pertama yang bisa Sobat UKM lakukan untuk membuat konten promosi yang efektif adalah mengidentifikasi calon konsumen yang Sobat harapkan untuk membeli produk tersebut. Dengan mengenal siapa mereka, kenali mereka lebih dekat, misalnya apa kebutuhan mereka terhadap produk-produk yang Sahabat UKM tawarkan? Media apa yang biasa mereka gunakan? Apa yang mereka suka baca? Konten apa yang mereka sukai di media sosial? Antara lain

Media Promosi Yang Paling Efektif Untuk Bisnis, Sudah Coba?

Tugas kita adalah mencari tahu siapa audiensnya, memutuskan jenis konten apa yang akan kita gunakan dan media apa yang akan kita optimalkan untuk kampanye penjualan kita. Setelah mengetahui calon audiens kita, langkah selanjutnya adalah membuat konten promosi

Saat membuat konten promosi, ada banyak template yang bisa kita gunakan.Contoh pertama adalah Sobat UKM bisa membuat konten yang bermanfaat bagi target audience.Konten yang bermanfaat antara lain: konten edukasi seperti tips atau tutorial produk; Konten yang menarik, seperti cerita tentang orang-orang yang berhasil diet dengan mengonsumsi produk kami; Informasi deskriptif tentang perawatan produk yang digunakan oleh pengguna; Atau tinjau konten yang menampilkan berbagai testimonial dari pelanggan yang telah menggunakan produk kami

Selain dari aspek kegunaannya, Sahabat UKM juga bisa membuat konten promosi sesuai dengan tujuannya, seperti konten untuk meningkatkan brand awareness. Dalam konten brand awareness ini, UKM bisa menggunakan keempat jenis konten di atas Prinsipnya adalah menciptakan brand awareness dalam konten dimana audiens secara cerdas mengetahui keberadaan brand/merek kita dan ingin mencobanya.

Contoh investasi konten untuk kesadaran merek adalah bisnis butik yang menggunakan Instagram sebagai saluran pemasaran. Di akun Instagram ini, Sahabat UKM tidak perlu terus-terusan menjual produk, melainkan memberikan informasi tentang proses pembuatan batik, mulai dari desain, pewarnaan hingga jadinya. Kami berharap audiens target kami lebih menghargai batik dan kami ingin menggunakan batik yang kami produksi sebagai pakaian pokok.

Strategi Promosi Ini Dijamin Bisa Meningkatkan Penjualan

Selain brand awareness, Sobat UKM juga bisa membuat konten yang bertujuan untuk membangun brand image Konten ini bertujuan untuk menciptakan ide atau citra tertentu di benak audiens yang memperjelas keunikan/keunggulan di antara brand sejenis lainnya.

Salah satu contoh kontribusi konten terhadap brand image adalah produk jam kayu, di akun Instagram para sahabat UKM mempublikasikan foto-foto proses pembuatan jam kayu oleh pengrajin senior di wilayah Yogyakarta. Dalam keterangan posternya, para sahabat menginformasikan bahwa selain dibuat oleh pengrajin senior, jam tangan ini didesain dengan memperhatikan nilai-nilai budaya yang ada pada masyarakat Jawa.

Tujuan konten yang ketiga adalah untuk meningkatkan penjualan.Pada konten ini,teman-teman hanya perlu memposting gambar produk yang bagus dengan cerita penjualan langsung,serta harga dan cara membelinya.Secara struktural,jenis konten ini adalah konten yang paling mudah untuk dilakukan. buat karena tidak memerlukan keahlian pembuatan konten khusus. untuk: Namun sayangnya, jenis komposisi konten ini adalah bagian yang paling tidak penting dari strategi konten periklanan jika ingin berhasil. Sebagian besar bisnis kecil dan menengah gagal untuk benar-benar mengubah (menghasilkan) penjualan dari media sosial karena semua kontennya sedemikian rupa sehingga lama kelamaan audiens bosan dan meninggalkan akun kita seperti yang dibahas di atas.

Ingatlah bahwa di antara tiga tujuan konten, Anda perlu memadukan dengan baik Kapan membuat konten kesadaran merek, kapan membuat citra merek, dan kapan menjual langsung

Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya

Selain kemanfaatan konten dan tujuan dari konten promosi, sobat juga harus menerapkan pola AIDA saat membuat konten. Apa itu AIDA? Ketertarikan, Minat, Keinginan, Tindakan Untuk membuat konten iklan yang efektif, kebutuhan AIDA ini harus menyatu.

Atraksi itu sendiri adalah elemen yang dapat menarik perhatian penonton untuk melihat konten Biasanya elemen terdiri dari gambar, foto, kombinasi warna atau tipografi Prinsipnya disini adalah menyajikan pembuka berupa gambar, foto, kombinasi warna atau tipografi dapat menarik orang untuk berhenti menonton konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like