Modifikasi Bak Kijang Pick Up

Modifikasi Bak Kijang Pick Up – Kami tidak hanya mengulas mobil-mobil baru, tetapi juga mobil-mobil tua dalam kondisi baik. Salah satunya adalah Toyota Kijang 1981

Review Toyota Kijang 1981 – Kesuksesan Toyota Kijang generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1977 mendorong PT Toyota Astra Motor untuk meluncurkan Kijang generasi kedua. Padahal, di antara kompetitornya di segmen kendaraan niaga multiguna (KBNS) kala itu, hanya Toyota Kijang yang bertahan dan melahirkan generasi kedua. Toyota Kijang 1981 diluncurkan pada Januari 1981.

Modifikasi Bak Kijang Pick Up

Selama ini Toyota Kijang generasi kedua dikenal dengan nama Kijang “Doyok”. Masih belum ada penjelasan yang jelas mengapa julukan tersebut berkembang di masyarakat dan melekat pada Toyota Kijang 1981 ini. Julukan ini mungkin muncul karena sosok rusa kurus generasi kedua selalu mirip dengan tokoh kartun Doyok di Pos Kota. Namun ada pula yang berpendapat bahwa julukan tersebut berasal dari seringnya Doyok muncul di film kartun.

Berkas:2002 Toyota Kijang Pickup Standard Deck 1.8 Kf60r (20220106).jpg

Toyota Kijang generasi kedua ini memiliki kode bodi KF20. Dari depan, Kijang 1981 ini benar-benar berbeda dengan pendahulunya. Namun, sekilas tampilannya masih didominasi garis lurus dan sudut tajam. Perubahan tubuh ini dapat terjadi karena proses produksi yang lebih kompleks dibandingkan dengan generasi pertama.

Salah satu proses canggih yang dibanggakan Toyota Indonesia pada Kijang generasi kedua ini adalah sistem pelapisan anti karat yang disebut Toyota Cation Electro Coating. Proses ini dikatakan secara signifikan mencegah karat sambil mempertahankan kecemerlangan warna cat. Secara keseluruhan, citra Kijang generasi kedua terlihat lebih ramping dibandingkan model sebelumnya.

Tampak samping Toyota Kijang 1981 ini terlihat lebih ramping dibandingkan dengan Kijang generasi sebelumnya yang dikenal dengan sebutan ‘Crocodile’. Pasalnya, pintu tersebut dilengkapi engsel yang terletak di bagian dalam, sehingga tampak menyatu dengan bodi. Berbeda dengan generasi pertama, pintu tampak terpisah dari seluruh bodi.

Lekukan di bagian tengah bodi yang tampak garis lurus dari grill depan hingga tangki hal belakang juga menghasilkan desain mulus yang terlihat menyatu seperti ini. Ditambah desain yang lebih terintegrasi. Toyota Kijang generasi kedua juga telah mengalami banyak penyempurnaan. Kedua pintu tersebut model full door dengan jendela kaca, meski tidak ada mekanisme penguncian.

Modifikasi Pickup Berbodi Unik

Dari belakang, meski terlihat ramping, namun jika diukur secara detail dari segi dimensi, Toyota Kijang Doyok lebih besar dari Kijang generasi pertama. Panjang keseluruhan kini bertambah 30 mm menjadi 4.100 mm. Lebarnya bertambah 50 mm menjadi 1600 mm dan panjangnya bertambah menjadi 1810 mm atau 50 mm dari pendahulunya.

Sebagai kendaraan niaga, bagian belakang Toyota Kijang 1981 ini tidak ada yang istimewa. Pintu tutup bak terbuat dari baja sehingga kuat, namun tetap ringan saat dibuka dan ditutup dengan tangan. Bahkan istri saya yang ikut dalam sesi pemotretan pun dapat dengan mudah membuka dan menutup mobil Kijang lama yang diparkir di kantor PT Toyota Astra Motor.

Tata letak dasbor masih khas dan sederhana untuk ukuran saat ini. Namun aspek kenyamanan Toyota Kijang 1981 ini juga lebih baik dari pendahulunya, karena kabinnya lebih lega. Pasalnya, ketinggian kabin bertambah 3 mm dari sebelumnya 80 mm. Kabin ini memungkinkan lebih dari tiga orang dewasa untuk tinggal dengan bebas.

Kursinya rata-rata, tetapi menambahkan 10% ketebalan kursi membuat kursi ini lebih empuk. Selain itu, perlengkapan standar Kijang generasi kedua ini lebih baik dari pendahulunya.

Inspirasi Modifikasi Mobil Carry Pick Up, Bisa Elegan Atau Ekstrim

Lampu kabin dan pelindung matahari, yang bukan perlengkapan standar, adalah bawaan pabrik. Serta kaca spion tengah yang meningkatkan bidang pandang di bagian belakang.

Tentu Anda tidak bisa berharap banyak dari setirnya. Selain sangat tipis dan tidak kokoh di tangan, juga berat saat dimainkan. Pasalnya, mekanisme bolak-balik pada sistem kemudi Kijang 1981 tidak dilengkapi power steering. Oleh karena itu, Anda seolah-olah sedang berolahraga saat mengendarai mobil ini, karena bobot setir tanpa AC membuat Anda selalu berkeringat.

Untuk fitur keselamatannya hanya dilengkapi dengan empat rem tromol yang mengendalikan keempat rodanya agar berhenti total. Namun, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kendali atau menggeliat saat melakukan pengereman di mobil ini. Karena sistem rem vakum hidrolik Toyota Kijang 1981 membantu meringankan tekanan pada pedal rem.

Yang paling disukai pelanggan Kijang saat itu adalah ukuran tas jinjingnya yang kini lebih lebar sehingga bisa membawa barang lebih banyak. Secara detail, panjang bak kini bertambah 45 mm menjadi 1.930 mm, sedangkan lebarnya bertambah 120 mm menjadi 1.580 mm. Tak heran jika Kijang generasi kedua bisa sesukses Kijang generasi pertama.

Suzuki New Carry Futura Fd 1,5 Mt Bensin 2013 62751

Panel indeks Kijang generasi kedua juga lebih lengkap dibanding Kijang buaya. Toyota Kijang 1981 dilengkapi dengan speedometer, pengukur bahan bakar, pengukur temperatur, pengukur tekanan oli dan rem tangan. Memang masih belum ada tachometer, tapi sifat mesin OHV (Overhead Valve) yang sulit mencapai putaran mesin tinggi sepertinya membuat perpindahan gigi menjadi lebih mudah.

Pada Kijang generasi kedua, peran encoder 3K digantikan oleh encoder 4K. Dengan tenaga lebih besar, mesin mirip Toyota Corolla DX menghasilkan power-to-weight ratio yang lebih baik dari Kijang generasi sebelumnya. Efeknya performa Toyota Kijang lebih handal dan konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit.

Dengan kapasitas 1.290 cc, mesin tipe 4K ini lebih besar dari mesin sebelumnya yang hanya 1.166 cc. Namun tenaga maksimumnya sekitar 60 Ps atau 58,5 hp pada 5.600 rpm dan torsinya sekitar 9,5 kgm atau 93,2 nm pada 3.600 rpm. Dengan tenaga dan kapasitas lebih besar, kerja mesin lebih ringan dan minim getaran.

Semua aspek Kijang generasi kedua ini lebih disempurnakan. Contohnya adalah sistem pendingin yang terpasang pada reservoir tank yang mencegah air terbuang sia-sia saat mesin panas. Selain untuk mencegah kemungkinan panas berlebih, kipas pendingin telah diperbesar dan jumlah bilah ditingkatkan dari 4 menjadi 5.

Para Pengusaha Harus Tahu Nih Daftar Harga Mobil Pikap Bekas, Rp 30 Jutaan Bisa Bawa Pulang

Transmisi manual 4 percepatan masih diyakini sebagai penerus tenaga dari mesin Kijang ini ke roda belakang. Namun Toyota telah menyiapkan campuran khusus untuk rasio tersebut. Toyota Indonesia membuat rasio yang pas agar Kijang terasa bertenaga di gigi satu dan dua serta lebih lincah dan lincah di gigi tiga dan empat. Formulasi ini mengimbangi fungsi ganda Toyota Kijang sebagai kendaraan komersial tugas berat dan sebagai kendaraan pribadi yang lincah.

Jika Anda tertarik dengan mobil Toyota Kijang generasi kedua dengan tahun produksi 1981 hingga 1985, harga yang harus Anda bayar antara Rp 7 juta hingga Rp 20 juta. Bahkan, mitra dealer terpercaya kami Malique Djakarta Selatan telah menjual Kijang generasi kedua dengan kondisi mulus luar biasa seharga Rp 99 juta! Tapi ingat, sebenarnya tergantung kondisi mobil secara keseluruhan.

Apakah Kijang ini layak dibeli? Tidak jika Anda ingin menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari. Selain mobil ini sudah sangat tua, tidak ada jaminan keamanan yang memadai meski tanpa sabuk pengaman yang memadai. Namun jika ingin kecil (love item) atau koleksi, nilai sejarah Toyota Kijang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, harga ‘bahan’ tersebut kini murah dan terjangkau.

Arfian yang mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian menjadi test driver sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung sejak 2018, saat ini menjabat sebagai Head of Content About Arfian, lulusan Trisakti Campus angkatan sebelum 2009.

Demi Keselamatan, Kemenhub Atur Ketentuan Bak Mobil Barang

Harga bak kijang pick up, bak mobil kijang pick up, bak kijang pick up, jual bak kijang pick up, kijang pick up modifikasi dijual, panjang bak kijang pick up, ukuran bak kijang pick up, bak kijang super pick up, bak kijang kapsul pick up, modifikasi kijang pick up offroad, harga bak mobil kijang pick up, harga bak kijang super pick up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like