Modifikasi Toyota Kijang Pick Up

Modifikasi Toyota Kijang Pick Up – Kami tidak hanya melihat mobil terbaru, kami juga melihat mobil bekas dalam kondisi baik. Salah satunya adalah Toyota Kijang 1981

Review Toyota Kijang 1981 – Kesuksesan Toyota Kijang generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1977 membuat PT Toyota Astra Motor meluncurkan Kijang generasi kedua. Bahkan, hanya Toyota Kijang yang bertahan dan melahirkan generasi kedua di antara kompetitornya di kategori Multi-Purpose Commercial Motor Vehicle (MBV) kala itu. Toyota Kijang 1981 diluncurkan pada Januari 1981.

Modifikasi Toyota Kijang Pick Up

Hingga saat ini Toyota Kijang generasi kedua lebih dikenal dengan nama Kijang “Doyok”. Tidak pernah ada penjelasan pasti mengapa julukan ini tumbuh di masyarakat dan melekat pada Toyota Kijang 1981 ini. Mungkin julukan ini berawal dari sosok kijang kurus kering generasi kedua yang identik dengan Doyok, tokoh kartun yang muncul di harian “Pos Kota”. Namun ada yang mengaku julukan itu muncul karena seringnya mobil ini muncul di kartun Doyok.

Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Toyota Kijang generasi kedua ini memiliki kode bodi KF20. Dari tampilan depan, Kijang 1981 sudah berubah total dari pendahulunya. Meski demikian, sekilas tampilannya masih didominasi garis lurus dan sudut tajam. Perubahan bodi ini dimungkinkan karena proses pembuatan yang lebih kompleks dibandingkan generasi pertama.

Salah satu proses tercanggih yang dibanggakan Toyota Indonesia pada Kijang generasi kedua ini adalah sistem pelapisan anti karat yang disebut Toyota Cation Electro Coating. Proses ini diklaim dapat mencegah karat secara menyeluruh sekaligus menjaga kilau warna cat. Secara umum, sosok Kijang generasi kedua terlihat lebih ramping dibandingkan model sebelumnya.

Tampak samping Toyota Kijang 1981 ini terlihat lebih ramping dari Kijang generasi sebelumnya yang akrab disapa “Buaya”. Pasalnya, kedua pintu tersebut dilengkapi engsel yang terletak di bagian dalam sehingga bisa menyatu dengan bodi. Berbeda dengan generasi pertama, pintu tersebut seolah terpisah dari seluruh bodi.

Desain apik yang terlihat menyatu juga didapat dari lekukan di bagian tengah bodi yang seolah membentuk garis lurus dari gril depan hingga tangki intake belakang. Selain desain yang lebih terintegrasi. Toyota Kijang generasi kedua juga telah mengalami penyetelan yang detail. Kedua pintu model full-door dengan jendela kaca, meski tidak ada mekanisme penguncian.

Kijang Pick Up: Kijang Kapsul Pick Up Diesel 2004

Meski terlihat ramping dari belakang, namun jika diukur secara detail dari segi dimensi, Toyota Kijang Doyok terlihat lebih besar dari Kijang generasi pertama. Panjang total kini bertambah 30 mm menjadi 4100 mm. Lebarnya juga bertambah 50 mm menjadi 1600 mm, dan tingginya bertambah menjadi 1810 mm atau 50 mm dari pendahulunya.

Sebagai kendaraan niaga, Toyota Kijang 1981 ini tidak banyak memiliki bagian belakang. Pintu tutup bak kokoh karena terbuat dari besi, namun tetap ringan saat dibuka dan ditutup dengan tangan. Bahkan istri saya yang hadir dalam sesi pemotretan tersebut dengan mudah dapat membuka dan menutup mobil Kijang lama yang diparkir di kantor PT Toyota Astra Motor.

Tata letak dasbor masih normal dan terlihat sederhana untuk ukuran saat ini. Namun aspek kenyamanan Toyota Kijang 1981 ini juga lebih baik dari pendahulunya, karena kabinnya lebih lega. Pasalnya, ketinggian kabin bertambah 3 mm, yakni hanya 80 mm dari sebelumnya. Kabin ini memungkinkan tiga orang dewasa untuk ditampung dengan lebih leluasa.

Joknya biasa saja, tetapi peningkatan ketebalan jok 10% membuat jok ini semakin empuk. Selain itu, perlengkapan standar Kijang generasi kedua ini lebih baik dari pendahulunya.

Terpal Bak Pickup Toyota Kijang Super Long Dan Short

Lampu kabin dan pelindung matahari (sunglasses), yang sebelumnya bukan perlengkapan standar, kini menjadi standar pabrik. Begitu juga dengan cermin tengah yang meningkatkan bidang pandang di belakang.

Tentu saja, Anda tidak bisa berharap banyak dari setirnya. Selain sangat tipis dan tidak stabil di tangan, juga berat untuk dimainkan. Pasalnya, sistem kemudi Kijang 1981 tidak memiliki mekanisme bola dengan power steering. Itu sebabnya Anda merasa sedang berolahraga saat mengendarai mobil ini, karena bobot setir yang dipadukan tanpa AC membuat Anda berkeringat sepanjang waktu.

Untuk fitur keselamatan dilengkapi dengan rem tromol empat yang hanya mengendalikan empat roda untuk berhenti dengan sempurna. Namun, Anda tidak perlu khawatir mobil ini akan lepas kendali atau kesulitan mengerem. Karena sistem hidrolik vakum pada sistem rem Toyota Kijang 1981 membantu mengurangi tekanan pada pedal rem.

Yang paling disukai konsumen Kijang saat itu adalah ukuran tas jinjingnya yang kini lebih lebar untuk membawa lebih banyak barang. Secara detail, panjang laras kini bertambah 45 mm menjadi 1.930 mm, dan lebarnya bertambah 120 mm menjadi 1.580 mm. Tak heran jika Kijang generasi kedua bisa sesukses Kijang generasi pertama.

Berkas:2002 Toyota Kijang Pickup Standard Deck 1.8 Kf60r (20220106).jpg

Dasbor pada Kijang generasi kedua ini juga lebih lengkap dibandingkan Kijang Buaya. Toyota Kijang 1981 dilengkapi speedometer, pengukur bahan bakar, pengukur temperatur, tekanan oli dan rem tangan. Memang masih belum ada tachometer, namun sifat mesin OHV (Overhead Valve) yang sulit dijangkau putaran mesin yang tinggi membuat mudah untuk “merasakan” pergantian gigi.

Pada Kijang generasi kedua, peran mesin pengkodean 3K digantikan oleh pengkodean 4K. Dengan tenaga yang lebih besar, mesin yang sama dengan Toyota Corolla DX mampu menghasilkan power-to-weight ratio yang lebih baik dari Kijang generasi sebelumnya. Efeknya performa Toyota Kijang lebih handal, konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit.

Berbobot 1.290 cc, mesin tipe 4K ini lebih besar dari sebelumnya yang hanya 1.166 cc. Kendati demikian, tenaga maksimumnya 60 Ps pada 5.600 rpm atau sekitar 58,5 hp, sedangkan torsinya 9,5 kgm pada 3.600 rpm atau sekitar 93,2 Nm. Dengan tenaga dan kapasitas yang lebih besar, mesin lebih mudah dioperasikan dan getarannya lebih sedikit.

Pada Kijang generasi kedua ini, segala aspek terus ditingkatkan. Contohnya adalah sistem pendingin yang dilengkapi tangki penampung yang mencegah pengurasan air saat mesin panas. Selain untuk mencegah kemungkinan panas berlebih, kipas pendingin diperluas dan jumlah bilah ditingkatkan dari 4 menjadi 5.

Modifikasi Mobil Ceper, Modifikasi Mobil Pick Up Ceper Terbaru 2016

Transmisi manual 4 percepatan masih diyakini sebagai penerus penggerak roda belakang bermesin Kijang ini. Namun Toyota telah mengembangkan campuran khusus untuk rasio tersebut. Toyota Indonesia telah menciptakan rasio yang pas untuk membuat Kijang terasa bertenaga di gigi satu dan dua, serta lebih lincah dan lincah di gigi tiga dan empat. Komposisi ini mengimbangi fungsi ganda Toyota Kijang sebagai kendaraan niaga tugas berat dan kendaraan pribadi yang fleksibel.

Jika Anda tertarik dengan Toyota Kijang generasi kedua yang diproduksi antara tahun 1981 hingga 1985, harga yang harus Anda bayar sekitar Rp 7 juta hingga Rp 20 juta. Bahkan, di salah satu mitra dealer terpercaya kami yaitu Malique Djakarta Selatan, ada Kijang generasi kedua yang dijual dengan harga sangat terjangkau Rp 99 juta! Namun perlu diingat bahwa semuanya bergantung pada kondisi mobil saat ini secara keseluruhan.

Apakah ini pembeli Kijang? Jika Anda tetap tidak berniat menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari. Selain sudah sangat tua, kendaraan ini tidak memiliki fitur keselamatan yang memadai, bahkan tanpa sabuk pengaman yang memadai. Namun jika ingin membelinya sebagai klenanan (benda tersayang) atau kolektor, maka nilai sejarah Toyota Kijang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi harga “bahan” sekarang murah dan terjangkau.

Ia mengawali kariernya sebagai jurnalis mobil pada 2014, dan setahun kemudian menjadi test driver tabloid mobil nasional Arfian. Bergabung tahun 2018, sekarang Chief Content Officer Tentang Arfian Lulus dari kampus Trisakti tahun 2009.

Inspirasi Kijang Kotak Pick Up Modifikasi Ceper

Toyota kijang pick up modifikasi, modifikasi mobil pick up kijang, kijang pick up modifikasi dijual, modifikasi kijang pick up offroad, mobil toyota kijang pick up, toyota kijang pick up, jual toyota kijang pick up, toyota kijang pick up 1989, harga toyota kijang pick up, modifikasi bak kijang pick up, toyota kijang pick up 2006, toyota kijang kapsul pick up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like