Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli Terbaru

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli Terbaru – Seiring waktu, istilah ini terus berkembang menjadi beberapa sub-kategori. Untuk memahami sepenuhnya, Anda perlu mengetahui bagaimana tren digital dimainkan.

Nah, nanti kamu akan paham kenapa digital marketing itu terlihat dan berdampak besar, terutama dalam perkembangan bisnis yang ada saat ini.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli Terbaru

Sebelum masuk ke pengertian marketing dan hal-hal terkait, mari kita pahami dulu arti kata tersebut.

Pemasaran Digital Sebagai Langkah Pemasaran Produk Kerajinan Anyaman Rotan Dan Kesenian Suku Dayak Halaman 1

Pemasaran adalah rangkaian kegiatan dalam suatu bisnis untuk memperkenalkan produk, jasa atau jasa kepada masyarakat luas mulai dari periklanan, distribusi, penjualan, hingga tahap pengembangan produk.

Istilah pemasaran telah berkembang luas seiring dengan perkembangan teknologi pada masa ini, salah satunya disebut juga dengan Digital Marketing yang artinya pemasaran dilakukan secara digital.

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh merek untuk menjangkau orang-orang potensial secara online menggunakan saluran digital seperti situs web, email, jejaring sosial, dll.

Namun, terdapat sedikit perbedaan yaitu pemasaran digital dapat menjangkau lebih luas karena menggunakan banyak kanal atau jalur digital yang berbeda.

Aisas Model Sebagai Konsep Marketing Zaman Digital

Tujuan utama pemasaran digital adalah untuk menjangkau khalayak aktif di dunia digital tidak hanya satu arah tetapi dua arah secara cepat, akurat, efisien dan efektif.

“Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang mencakup pemasaran menggunakan metode web yang berbeda seperti blog, situs web, email, adwords, atau jejaring sosial. Pasti pemasaran digital. Ini bukan hanya pemasaran internet.”

“Digital marketing adalah sesuatu yang menggunakan dunia digital untuk melakukan penjualan. Kegiatan bukanlah manfaat langsung. Namun, itu masih sangat berpengaruh. “

Digital marketing yang sering kita pelajari memiliki beberapa metode seperti SEO, SEM, Email Marketing, Social Media, dll.

Pengertian Digital Marketing, Jenis, Cara, Strategi, Dimensi

Namun perlu kita ketahui bahwa semua strategi tersebut terangkum dalam 3 jenis digital marketing yaitu Owned Digital Marketing, Earned Digital Marketing dan Paid Digital Marketing.

Owned digital marketing adalah jenis pemasaran digital dimana semua kendaraan dimiliki, dikelola dan dikendalikan oleh Anda sebagai pemilik bisnis.

Earned digital marketing adalah jenis pemasaran digital di mana konten diproduksi untuk tujuan pemasaran atau untuk tujuan informasi saja tanpa izin bisnis Anda dan umumnya tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Contoh dari jenis pemasaran digital yang diperoleh ini adalah ulasan pelanggan, liputan pers tentang bisnis kita, sebutan media sosial, konten yang dibagikan (Social Share) atau rekomendasi gratis orang lain.

Yuk, Kenali Istilah Digital Marketing Yang Sering Digunakan

Pemasaran Digital Berbayar adalah bentuk akhir dari pemasaran digital yang mencakup semua bentuk pemasaran digital dengan berbagai cara seperti Iklan Facebook/Instagram, Iklan Twitter, Iklan Google, Iklan, dll.

Saat menerapkan rencana pemasaran, Anda harus terlebih dahulu memahami platform mana yang akan digunakan. Sebelum itu mari kita pahami dulu apa itu platform digital.

Platform digital adalah tempat terjadinya interaksi dan pertukaran informasi antar pengguna di dunia digital.

Dalam bisnis, Anda dapat menggunakan platform digital untuk memasarkan, mempromosikan produk, atau memperkenalkan jasa dan layanan kepada masyarakat luas.

Mengenali Pemahaman Dasar Mengenai Pemasaran Digital

Pemasaran Berbasis Web, yaitu kombinasi metode pemasaran melalui teknologi web yang dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti laptop, komputer,

Pemasaran Berbasis Aplikasi alias Pemasaran Seluler adalah bentuk pemasaran yang menggunakan aplikasi yang diunduh oleh pengguna di perangkat seluler mereka.

Ada 10 kunci strategi digital marketing yang biasa digunakan oleh brand besar dan UKM/UMKM. Simak penjelasannya di bawah ini!

Sesuai namanya, Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya yang dilakukan secara alami oleh sebuah website untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Masalah Digital Marketing Yang Bisa Anda Hindari

Peringkat yang dianggap “Terbaik” dalam konteks ini adalah peringkat di halaman pertama mesin pencari, terutama di 3-5 tempat teratas yang dapat diklik oleh pengguna internet.

Tidak seperti iklan, SEO membutuhkan waktu lama untuk melihat hasilnya. Namun, hasil ini mungkin bertahan lebih lama dari yang diiklankan.

Ada 3 cara utama dalam menggunakan optimasi mesin pencari yang mungkin pernah Anda dengar, yaitu SEO on-page, SEO off-page, dan SEO Teknis.

Kami sebagai Pakar SEO tidak memilih salah satu dari ketiga cara tersebut, namun sebaiknya Anda menjalankan ketiganya sekaligus.

Digital Marketing Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis

Sedangkan, Offpage SEO merupakan upaya optimasi yang dilakukan di luar website. SEO off page biasanya melakukan 2 fungsi, yaitu:

Jika Anda sudah memiliki website, sebaiknya lakukan audit situs untuk mengetahui area mana dari situs Anda yang masih perlu dioptimalkan. Cukup ikuti panduan audit komprehensif dan pemula kami untuk membantu Anda melihat kinerja situs Anda.

SEO Profesional adalah teknik pengoptimalan situs web dan server yang membantu robot mesin telusur (Perayap Situs) merayapi dan mengindeks situs web Anda secara efektif untuk membantu meningkatkan peringkat organiknya.

Selain ketiga metode yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga harus memahami jenis-jenis metode yang digunakan dalam dunia SEO. Ketiga jenis teknik tersebut adalah:

Pengertian Kewirausahaan Dan Wirausaha Menurut Para Ahli

Anda juga dapat mengarahkan pengunjung ke situs web Anda melalui halaman mesin pencari menggunakan iklan. Strategi ini disebut Search Engine Marketing.

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas situs sekaligus menarik pengunjung dari halaman mesin pencari menggunakan metode berbayar. SEM juga disebut Search Engine Marketing.

Iklan yang ditayangkan menggunakan strategi SEM ini kemudian akan diberi label dengan kata-kata “Iklan/Promosi/Bersponsor” seperti yang muncul di halaman hasil mesin pencari.

Keuntungan pemasaran menggunakan SEM adalah Anda dapat melihat hasilnya dengan cepat. Namun, sisi negatifnya adalah begitu Anda berhenti beriklan, lalu lintas dapat berhenti.

Jenis Digital Marketing Yang Bisa Membuat Bisnis Berkembang Cepat

Seperti halaman hasil mesin pencari, ada juga cara untuk mendatangkan pengunjung ke akun media sosial Anda secara organik dan berbayar.

Setiap media sosial tentunya memiliki gaya dan ciri khas tersendiri. Artinya tidak semua jenis konten bisa menghasilkan engagement yang baik di semua media sosial.

Misalnya, Facebook bagus untuk konten foto, video, dan teks, YouTube dan TikTok bagus untuk konten video, Instagram bagus untuk foto dan video, atau LinkedIn untuk postingan dan konten profesional.

Perlu juga dicatat, media sosial mana yang paling populer di negara ini. Ini ada hubungannya dengan bagaimana audiens berperilaku di dunia maya.

Pengertian Marketing Mix, Konsep, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Yang Didapat

Ada banyak media sosial yang menawarkan peluang beriklan di platform mereka. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri dan dapat disesuaikan untuk audiens tertentu.

Misalnya, di Facebook Ads, Anda bisa mengatur agar iklan Anda hanya dilihat oleh pengguna wanita berusia 19-25 tahun dan yang hobi memasak.

Ada juga paket media sosial berbayar yang tidak sesuai dengan platform di atas. Contoh lain adalah Program Afiliasi dan Pemasaran Berbayar yang bekerja dengan influencer.

4. Digital Advertising Digital Advertising adalah bagian dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha secara berbayar dengan menggunakan media atau platform digital untuk menjangkau khalayak.

Pengertian Dari Email Marketing

5. Pemasaran afiliasi adalah jenis pemasaran di mana orang-orang di luar perusahaan Anda merekomendasikan produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan imbalan komisi tertentu.

Contoh paling umum dari penggunaan metode pemasaran ini adalah Amazon Associates, di mana mereka memiliki ratusan ribu bahkan jutaan orang yang merekomendasikan produk yang dijual di Amazon.

6. Email marketing Email marketing adalah cara bisnis Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan menggunakan email.

Secara statistik, email marketing memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menarik pelanggan baru dibandingkan media sosial.

Cara Promosi Produk Dengan Digital Marketing

Email juga merupakan media yang baik untuk komunikasi jangka panjang dengan responden, sebagian karena orang jarang mengubah alamat email mereka.

Jika Anda menginginkan kegiatan email marketing yang efektif dan efisien, Anda dapat menggunakan salah satu tools CRM (Customer Relationship Manager) yang dapat mengatur hubungan dan mengatur email seperti apa yang harus dikirimkan untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan dan pemasaran.

7. Pemasaran Konten Pemasaran konten adalah strategi pemasaran untuk membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan relevan untuk menarik perhatian audiens target Anda.

Pemasaran konten juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan banyak jenis konten seperti:

Tugas Dan Gaji Digital Marketing Terlengkap 2023

Oleh karena itu, konten yang dibuat harus konsisten dengan menciptakan perasaan yang diinginkan penonton, pada akhirnya mereka merasa dekat dengan konten yang dibuat.

8. Video Marketing adalah metode pemasaran online yang menggunakan video untuk menyampaikan pesan promosi utama.

Pasalnya, jika video marketing campaign digagas semaksimal mungkin, video tersebut akan menyatukan pesan dan gambar yang menarik sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens.

9. Mobile Marketing Mobile marketing dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet dengan menggunakan fitur teknologi untuk membuat kampanye promosi atau pemasaran.

Terpercaya, 0819 9925 0870 Digital Marketing Onlin By Digitalagency370 On Deviantart

Perlahan tapi pasti, cara kita menggunakan internet dari waktu ke waktu mulai didominasi oleh perangkat seluler. Hal ini dikarenakan perilaku masyarakat dalam kesehariannya hampir selalu terkoneksi dengan perangkat mobile.

10. Optimalisasi pasar Optimalisasi pasar adalah proses peningkatan Internet di pasar dengan tujuan yang sama dengan SEO, yaitu membuat produk muncul di halaman pertama dan di posisi teratas dalam hasil pencarian.

Sederhananya, jika strategi SEO dioptimalkan untuk halaman atau konten artikel, maka dalam Optimasi Pasar yang dioptimalkan adalah produk toko.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti judul/nama produk, deskripsi produk, pilihan dan urutan gambar yang menarik, fitur & manfaat produk, dan lainnya.

Peran Media Sosial Dalam Strategi Digital Marketing Halaman 1

Tidak hanya itu, Anda dapat memperluas dengan fitur pemasaran yang disediakan oleh masing-masing platform pasar. Contoh: TopAds Tokopedia, Iklan Shopee, Bliklan Blibli, dll.

Keuntungan utama pemasaran digital adalah Anda dapat menargetkan pasar yang luas dengan sedikit uang dan dengan cara yang mengagumkan.

Anda dapat menutupi seluruh dunia (jika Anda dapat memenuhi permintaan) dengan uang yang sangat sedikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like