Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli Pdf

Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli Pdf – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku catatan Anda sendiri

Bab 13 Media Video Audiovisual dan Teori Prestasi Belajar A. Media Video Audiovisual 1. Media Video Audiovisual Pengertian sistem video yang digunakan sebagai alat pemutaran suatu program (rekaman) yang memuat minimal satu video. Audio dan satu atau lebih indikator. Seperti namanya, media ini merupakan perpaduan antara audio dan visual atau bisa juga disebut media audio. Audio visual memberikan penyajian materi pembelajaran yang lebih lengkap dan lebih baik kepada siswa. Selain itu, media-media tersebut dapat sedikit banyak menggantikan peran dan tanggung jawab guru. Karena penyajian materi dapat digantikan dengan media, guru dapat menjadi fasilitator pembelajaran yang artinya siswa dapat belajar dengan lebih mudah. Contoh media visual antara lain program video atau televisi, video atau televisi pendidikan, dan tayangan slide audio. . Dari definisi yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa media visual adalah suatu proses atau cara penyampaian informasi melalui suara dan gambar (sesuatu yang dapat dilihat). Menurut Djamarada (2006:124), media audio visual adalah media yang dapat meningkatkan kemampuan visual dan auditori secara bersamaan, karena media ini memiliki unsur audio dan unsur gambar. Media audio visual pada hakekatnya merupakan representasi (presentasi) dari realita, terutama melalui indra, penglihatan dan pendengaran untuk memberikan pengalaman belajar yang otentik kepada siswa. Metode ini dianggap lebih tepat, lebih cepat dan lebih mudah daripada percakapan, ide dan cerita tentang pengalaman belajar. (Ishaq Abdullah, 2013: 82)

Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli Pdf

14 Media visual merupakan media pembelajaran yang murah dan terjangkau. Setelah membeli peralatan seperti kaset dan kaset, tidak perlu biaya tambahan karena kaset dapat dihapus setelah digunakan dan informasi baru dapat direkam kembali. Selain menarik dan memotivasi siswa untuk belajar lebih banyak, audio juga dapat mentransfer informasi dari sumber ke penerima. Dahl mengemukakan bahwa materi audio visual dapat memberikan banyak manfaat selama guru berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hubungan guru dan siswa telah menjadi hal terpenting dalam sistem pendidikan saat ini. . . Kustandi dan Bambang Sutjipto (2013: 30) Audiovisual adalah metode produksi atau transmisi materi dan penyajian informasi audio dan visual dengan menggunakan perangkat mekanis dan elektronik. Ciri-ciri utama media visual adalah sebagai berikut: a. Di barisan B. Buat gambar yang kuat. C. Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang atau pabrikan. D. Entah representasi fisik dari konsep nyata atau konsep abstrak. e. Perkembangan berdasarkan prinsip-prinsip perilaku dan psikologi kognitif. F. Seringkali berpusat pada guru, dengan sedikit interaksi siswa. Media visual yang digunakan untuk pembelajaran SKI dapat memberikan efek positif bagi siswa karena media visual lebih baik untuk dipadupadankan dengan pembelajaran SKI, dengan menampilkan video yang dapat melibatkan siswa.

Media Audio Visual Bab 1 Pendahuluan

15 2. Jenis Media Audio-Visual Media audio-visual termasuk media non-audio, yaitu media yang menampilkan audio dan gambar diam, seperti slide audio, film audio, dan audio visual, transportasi, yaitu media yang menampilkan suara dan gerakan. elemen gambar. Misalnya, film audio dan kaset video. Berdasarkan sifatnya, media visual diklasifikasikan sebagai audio-visual, yaitu unsur suara dan gambar dari suatu sumber seperti musik. Meskipun audio visual tidak murni, yaitu unsur audio dan gambar berasal dari sumber yang berbeda, misalnya unsur gambar berasal dari slide show dan unsur audio berupa bingkai suara dari kaset. Berdasarkan wilayahnya, media dibedakan menjadi 2, yaitu: Pertama, media luas dan serentak. Penggunaan media ini tidak terbatas pada lokasi dan ruang, tetapi dapat menjangkau banyak siswa dalam waktu yang bersamaan. Kedua, ruang dan jangkauan geografis terbatas. Media yang Anda gunakan memerlukan ruang dan kondisi khusus seperti film, slide suara, set film yang harus menggunakan area tertutup dan gelap. Sedangkan dari bahan yang dibuat, media dibedakan menjadi media sederhana yaitu media unsur utama yang dapat diperoleh dengan biaya murah, cara pembuatannya sederhana, dan tidak sulit untuk dibuat. menggunakan. . Media kompleks, yaitu media dengan bahan yang rumit, tidak mudah dibuat dan memiliki alat yang relatif mahal. . Penggunaan media audio visual juga mempengaruhi pembelajaran visual, auditori dan relasional. Gaya belajar visual, auditori, dan relasional merupakan gaya belajar majemuk yang memiliki tiga unsur gaya belajar: visual, auditori, dan relasional. Menurut Nana Sudjana (2002:2), manfaat media audio visual dalam proses belajar mengajar siswa secara rinci adalah:

16 pagi. Pendidikan mendapat lebih banyak perhatian siswa dan dengan demikian memotivasi belajar. B. Makna materi pembelajaran lebih detail sehingga dapat dipahami oleh siswa dan siswa dapat memahami tujuan pembelajaran dengan lebih baik. C. Metode pengajaran akan lebih berbeda, tidak hanya berbicara tentang kata-kata guru, siswa tidak akan bosan, guru tidak cepat selesai jika guru memberikan pelajaran setiap jam belajar. D. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar karena tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga melakukan kegiatan seperti mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan. Ketika datang untuk menggunakan media audio-visual sebagai instruktur, mengajar bukanlah masalah atau tantangan yang serius, melainkan kegiatan yang menyenangkan. Namun, ketika kita dihadapkan pada pertanyaan bagaimana cara mengajar yang baik, itu menjadi tantangan tersendiri. Belajar memang terlihat mudah, namun jika kita kaji lebih jauh, ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Menguasai materi, latihan strategis, otak siswa, lingkungan sekolah, dan banyak lagi. Selain itu, jika dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan berbagai perangkat canggih saat pembelajaran membutuhkan perhatian khusus dari para pendidik. Akhir-akhir ini sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi, penggunaan alat-alat elektronik seperti radio, radio kertas, OHP, film, video dan komputer sudah mulai merambah dunia pendidikan. Hal ini menuntut guru yang biasa mengajar dengan metode tradisional atau tradisional untuk mengubah sikapnya dalam mengajar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

17 4. Langkah-Langkah Penerapan Media Video-Audio-Visual Dalam Pendidikan Berikut ini diuraikan bagaimana guru menggunakan program video sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. 1. Kegiatan persiapan guru untuk mengajar melalui sistem video meliputi: Menyesuaikan unsur-unsur pengajaran yang meliputi media video. B. Teliti terlebih dahulu jadwal yang akan diberikan kepada siswa agar lebih jelas apa yang akan diajarkan dan jika ada kesenjangan, kita bisa mengetahuinya terlebih dahulu. C. Sebelum menonton program, tuliskan kata atau frasa yang perlu Anda perlihatkan kepada siswa. D. Yang terbaik adalah melakukan pratinjau dengan dua atau tiga siswa. Siswa yang menonton acara diberi kesempatan untuk bertanya tentang acara tersebut. Pertanyaan ini tidak perlu dijawab saat ini, tetapi ini adalah sesuatu yang harus dipikirkan oleh para pendidik. e. Persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan agar cepat pelaksanaannya dan tidak perlu melihat-lihat lagi. 2. pelaksanaan a. Ruang Presentasi Ruangan yang digunakan untuk melakukan proses pendidikan dapat berupa ruang kelas, aula, laboratorium atau ruangan khusus tempat disajikannya program-program media pendidikan. Ruangan ini harus terang, gelap atau gelap.

18b. Peralatan yang digunakan Pengajaran melalui media video membutuhkan peralatan sebagai berikut: 1) Video tape recorder (VTR). 2) Monitor TV atau monitor TV. 3) Jaga kabel listrik dan kabel. 4) Penempatan Peralatan Penempatan layar televisi di dalam kelas harus diatur sedemikian rupa sehingga siswa di dalam ruangan dapat melihat dan mendengar dengan jelas acara tersebut. Ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti: A. Pindahkan layar TV ke kiri atau kanan papan tulis. Cobalah untuk lebih tinggi agar pandangan siswa di depan Anda tidak terhalang. Jika ingin menggunakan papan tulis, menggunakan layar TV di kiri atau kanan papan tulis ini tidak akan terganggu oleh layar TV. B. Memindahkan layar TV di tengah pelajaran. Cara ini memiliki kelemahan yaitu jika kita ingin mendengarkan papan pasti akan diblokir oleh monitor TV. Langkah-langkah implementasinya adalah sebagai berikut. Pastikan semua peralatan sudah lengkap dan siap. Jelaskan kepada siswa bahwa kita akan menonton video. Tentukan tujuan Anda sebelumnya. Jelaskan lebih lanjut kata atau istilah apa saja yang harus diketahui siswa sebelum menonton video yang dianggap sulit dan akan ditayangkan. Jelaskan apa yang harus dilakukan siswa saat menonton video. Jika perangkat, program, instruktur, dan siswa sudah siap tampil

Pdf) Pengembangan Media Audio Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like