Proses Pengecatan Mobil Di Pabrik

Proses Pengecatan Mobil Di Pabrik – Tentang – sekitar dua puluh empat jam, berapa banyak mobil yang lewat?

Kalau berdasarkan berita yang saya baca, ada sekitar 1500 kendaraan yang melintas di jalanan Jakarta setiap harinya. Dengan data 1.200 kendaraan roda dua dan 300 kendaraan roda empat, dapat disimpulkan dari data tersebut akan ada 9.000 kendaraan roda empat yang hilir mudik di jalan-jalan ibu kota setiap tahunnya. Angka tersebut cukup sangar jika dibandingkan dengan jalan yang ada.

Proses Pengecatan Mobil Di Pabrik

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengikuti blog trip ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang bersama teman-teman blogger dan mobile 123, portal otomotif nomor satu di Indonesia.

Cara Gampang Menghilangkan Cat Yang Mengkerut

Sebagai mantan mahasiswa teknik industri, factory visit Toyota ini merupakan nostalgia masa kuliah saya, setiap bulan saya mengunjungi pabrik-pabrik antara lain pabrik teh, karet, tekstil, sepeda motor, makanan dan minuman. Bahkan untuk menyelesaikan tugas akhir saya, saya belajar di sebuah pabrik pupuk ternama selama kurang lebih tiga bulan. Hidup Teknisi!!!

Sebelum diperbolehkan masuk ke dapur Toyota, tentunya akan ada perkenalan dari tuan rumah dan yang tidak kalah penting adalah safety induction agar perjalanan plant menuju pabrik Toyota berjalan dengan lancar. Satu hal lagi yang harus diikuti sebelum memasuki pabrik adalah Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri).

Semua pengunjung disediakan helm pengaman, kacamata pengaman, pelindung tangan dan telepon pemandu (alat untuk mendengarkan instruksi dari pemandu *agar tidak berteriak di dalam pabrik).

Jika Anda memakai APD lengkap, saatnya masuk ke dapur Toyota. Ingatlah bahwa selama berkeliling pabrik, selalu ikuti instruksi pemandu dan jangan memisahkan diri dari rombongan. Karena bukan tidak mungkin kecelakaan bisa menimpa pengunjung yang ceroboh.

Kunjungan Industri Ke Pt. Jakarta Teknologi Utama (body Repair Dan Painting)

Pabrik Toyota yang saya cek kali ini khusus membuat Toyota Innova dan Toyota Fortuner. Pada saat yang sama, mobil Toyota lainnya diproduksi di lokasi TMMIN lainnya. Penasaran dengan proses pembuatan mobil di Toyota Motor Manufacturing Indonesia, mari kita simak.

Proses pembuatan mobil di Toyota Motor Manufacturing Indonesia dibagi menjadi empat proses yaitu pengepresan (pressing), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (installation/perakitan) dan pengawasan mutu (quality control).

Tahap awal pembuatan mobil dimulai dengan pencetakan. Pada tahap ini bahan baku dicetak sesuai dengan desain yang telah dibuat. Untuk satu bodi mobil menghabiskan baja sebanyak 370 kilogram. Bisakah Anda bayangkan mengapa mobil itu begitu berat?

Setelah menyelesaikan proses pencetakan, lanjutkan ke proses pengelasan. Nah, proses pengelasan ini cukup sulit bagi saya yang merupakan mahasiswa teknik. Waktu kuliah saya minta tolong teman laki-laki saya di kelas hahaha. Tapi kalau melihat ritme operator las kemarin, kok kelihatannya gampang banget ya? Tangannya sudah terampil jadi las – las suku cadang mobil.

Pabrik Pembuatan Mobil

Untuk sebuah mobil ada sekitar 3000 titik pengelasan! Oh ya, tidak hanya operator (manusia) las lho, ada juga beberapa robot yang membantu proses las.

Proses pewarnaan adalah salah satu yang tidak dapat dilihat sepenuhnya oleh pengunjung. Karena proses pewarnaan harus benar-benar steril. Pengunjung juga harus memakai peralatan khusus untuk masuk. Pemandu kami berkata: “Proses pengecatan ini harus steril. Jangan biarkan debu menempel selama pengecatan. Pantas saja mobilnya benar-benar mengkilat dan glossy.

Dalam proses ini bentuk mobil muncul. Operator yang bertugas di bagian perakitan memasangkan semua komponen aksesori untuk menghiasi mobil. Dalam proses perakitan, tidak memakan banyak waktu bagi operator. Pengemudi hanya membutuhkan waktu 1,5 menit untuk memasang semua komponen mobil. Dan ya, dalam 1,5 menit proses perakitan mobil selesai.

Setelah empat proses di atas selesai, saatnya untuk pembayaran akhir! Untuk menentukan apakah sebuah mobil bisa laku di pasaran, Toyota selalu memastikan bahwa mobil yang mereka pasarkan telah memenuhi standar keamanan yang berlaku.

Saksikan Proses Produksi Bmw M3 Competition Di Pabriknya

Pengecekan akhir ini dimulai dengan pengecekan lampu, rem, kebocoran, kecepatan, interior, eksterior dan lainnya. Pengecekan akhir dilakukan oleh operator Toyota yang telah menyelesaikan sertifikat kendali mutu khusus. Jadi tidak ada satu operator pun yang dapat melakukan pemeriksaan terakhir ini.

Mobil yang lolos tahap final inspection nantinya akan dipasarkan di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, Toyota juga mengekspor ke negara-negara di Timur Tengah yang merupakan pasar ekspor terbesarnya, antara lain Kuwait, Bahrain, dan Arab Saudi. Selain itu, mobil Toyota juga dipasarkan di Filipina, Argentina, dan Vietnam.

Nah dari kunjungan kemarin saya jadi tahu berapa lama proses pembuatan sebuah mobil. Untuk mobil Toyota, dibutuhkan 22 jam dari awal hingga akhir. Ini tidak terlalu cepat. Bahkan kurang dari sehari.

Semua kunjungan saya kali ini ke pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Kami harap nanti bisa berkunjung lagi untuk melihat proses pembuatan mobil Toyota tipe lainnya. Memiliki kendaraan roda empat merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, karena mobil adalah sesuatu yang dapat kita pakai dan kita tempuh. Dengan berkembangnya industri otomotif, banyak orang yang ingin memiliki mobil karena kendaraan ini serbaguna, bisa digunakan untuk bekerja, liburan keluarga dan aktivitas lainnya.

Menghitung Waktu Baku Proses Painting Dudukan Spion Mobil Truk Menggunakan Electrodeposition Painting

Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat body atau cat agar tetap bersih, mulus dan awet sehingga warna terlihat pudar. Namun bagi anda yang ingin merawat eksterior mobil atau body tentunya sangat mudah asalkan anda membiasakannya.

Merawat cat body mobil agar tetap mengkilap adalah hal yang sangat sepele namun hal sepele tersebut seringkali tidak berhubungan dengan kita karena kesibukan kita apalagi saat musim hujan kita harus bermalas-malasan. rawat bagian body mobil, karena jika dibersihkan akan kotor kembali di perjalanan.

Peranan cat pada body mobil sangatlah penting, apalagi jika Anda ingin menjual kembali mobil tersebut dengan harga yang relatif mahal. Bagian cat mobil adalah eksterior yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Jika kondisi cat bodi mobil sudah terlihat bagus, calon pembeli baru akan mempertimbangkan bagian lain seperti rangka dan mesin mobil.

Nah, kali ini kami mendapat kesempatan langka untuk melihat proses pengecatan mobil Toyota di Pabrik Paint Shop 2 yang ditemukan oleh tim otomotif.net pada 1 Desember lalu. Tim Automotive.net mengunjungi pabrik perakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Oh Begini Toh Proses Pengecatan Di Pabrik Yang Bikin Mobil Kinclong

Akses untuk mengunjungi bengkel cat PT TMMIN biasanya sangat tertutup. Jadi jarang sekali bisa melihat prosesnya. Pengunjung harus mengenakan sepatu safety dan pakaian khusus saat memasuki area bengkel cat dan harus ditiup untuk mencegah debu masuk ke area pengecatan.

“Secara umum proses pengecatan unit mobil Toyota ada 4 jenis, yaitu ED (electro-dipping) atau lapisan anti karat, primer dan cat atas atau top yang terdiri dari warna metalik dan solid,” ujar Bagus Irawan. , Vice GM Production Karawang Plat 2 PT TMMIN, Kamis (1/12).

Sebelum pengecatan dimulai, jenazah terlebih dahulu dimandikan. Pencucian dilakukan untuk menghilangkan sisa minyak dari proses pengelasan. Dengan cara ini, lukisan bisa dibuat sempurna.

TMMIN memiliki teknologi pencucian baru yaitu sistem bazooka yang dapat menyemprotkan air hingga 1.500 liter, dan juga sistem microbubble yang dapat menghilangkan bekas grease atau minyak pada pori-pori plat nomor.

Produksi Mobil Asean Dipimpin Thailand, Indonesia Kedua

Bodi mobil yang dicuci kemudian dilapisi dengan anti karat atau ED Coat dengan sistem dipping, sehingga seluruh permukaan bodi terlapisi bagian dalam, kemudian masuk ke proses pelapisan cat primer atau base coat.

“Untuk pengecatan ini, kami menggunakan bahan dasar air yang ramah lingkungan, sehingga dapat mengurangi penguapan di udara yang merusak ozon, serta mengurangi langkah di oven sehingga dapat menghemat listrik dan CO2”, jelas Agung Prasetyo , Color Production Manager PT TMMIN Plant 2, Karawang.

“Terkait proses pemeriksaan ini, kami punya teman-teman dari las, untuk memastikan mobil tidak cacat,” kata Agung Meski sudah jago mengecat mobil sendiri, tetap saja sulit mengalahkan hasil cat pabrik. Hal ini wajar, karena pabrikan memiliki teknik dan teknik tersendiri saat mengecat mobil.

Nah, Daihatsu menjelaskan bagaimana sebuah mobil melalui proses pengecatan agar body mengkilat sempurna saat diterima konsumen.

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Hyundai Di Cikarang Berkapasitas 250 Ribu Unit

Dari segi persepsi dan fungsi, cat merupakan lapisan terluar bodi yang berfungsi untuk melindungi bodi mobil dari cuaca dan karat, serta mempercantik tampilan eksterior mobil.

Dalam perkembangannya, proses pengecatan pada industri otomotif diawali dengan metode “penyikatan”, kemudian disemprot dengan udara bertekanan tinggi.

Kemudian dimulai penerapan teknologi “semi robot”, hingga kini proses pengecatan seluruh bodi mobil dilakukan secara “full robotics”.

Pengecatan oleh pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini menggunakan standar manufaktur yaitu Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan hingga suhu minimal 140 derajat Celcius.

Tips Cara Mengecat Motor Supaya Kinclong Lagi

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan cat di ADM memiliki 4 tahapan proses, mulai dari body cleaning atau pembersihan, pelapisan anti karat, permukaan dan seal dan lapisan terakhir adalah top coating.

Selain itu cat body kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter warna seperti warna Solid, Metalic dan Pearl yang berbeda dalam proses pengecatan sesuai kebutuhan.

“Kami berharap dapat memberikan pemahaman yang baik tentang dasar-dasar pengecatan pada mobil,” ujar Bambang Supriyadi, koordinator pelaksana Divisi Technical Service PT Astra Daihatsu Motor dalam siaran pers yang diterima, sekaligus kebutuhan sehari-hari pengguna di Indonesia.

Ini adalah awal produksi, dimana lembaran dengan ketebalan 0,6 mm hingga 1,2 mm sesuai spesifikasi khusus dipress dengan beban 1.600 ton.

Biaya Cat Mobil Di Dealer Honda, Berapa Detail Harganya?

Di sinilah pembangkit listrik berkode 2NR-FE dibuat dan Sienta menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin berkode tersebut.

Bobot sebesar 93 kg untuk transmisi manual dan 83 kg untuk transmisi otomatis dapat memberikan kontribusi efisiensi bahan bakar yang signifikan.

W Cerita Young Mama Juragan PS Pelecehan Disewakan 17 anak di bawah umur, tersangka pelaku bertemu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like