Sebutkan Jejaring Sosial Yang Bisa Digunakan Sebagai Media Promosi Online – Di era digital saat ini, jejaring sosial sangat penting. Jejaring sosial atau bisa disebut jejaring sosial merupakan bukti dari berlalunya zaman. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui jejaring sosial ini seperti pertemanan, bisnis, pasangan hidup.
Contoh jejaring sosial yang mungkin Anda kenal antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, LinkedIn, Tinder, MySpace, Badoo, dan banyak lagi. Namun, kali ini kita hanya akan membahas tentang 6 hal yang paling populer.
Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial populer yang wajib Anda miliki. Jejaring sosial ini didirikan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskowitz dan Chris Hughes pada tahun 2004. Perkembangan jejaring sosial Facebook di Indonesia berkembang pesat.
Perkembangan Facebook di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perlu dicatat bahwa Indonesia menempati urutan kedua di dunia sebagai negara yang menggunakan aplikasi ini.
Pengguna aktif bulanan Facebook pada awal tahun 2017 mencapai 2 miliar. Angka ini merupakan perkembangan yang sangat fantastis yang berhasil diraih oleh alumni Harvard. Awalnya, Facebook dibuat khusus untuk mahasiswa elit Universitas Harvard. Namun, seiring berjalannya waktu, Mark berpikir untuk mengembangkan Facebook dan menjadikannya mendunia seperti sekarang.
Twitter ditemukan oleh Jack Dorsey dkk pada 15 Juli 2006. Berbeda dengan Facebook, ada batasan kata ketika diposting sekali, yaitu hanya 140 kata. Meski terbatasnya jumlah kata dalam sebuah tweet, sejauh ini bisa dikatakan bahwa Twitter adalah jejaring sosial tercepat dalam menyebarkan informasi. Bahkan lebih cepat dari gempa bumi.
Menurut Jack Dorsey, memilih nama Twitter sangatlah tepat. Twitter adalah singkatan dari “obrolan burung” dan “ledakan informasi yang tidak penting”.
Sejarah Instagram dimulai pada tahun 2010 oleh perusahaan Burbn Inc. Perusahaan ini adalah startup aplikasi ponsel yang didirikan oleh CEO Kevin Systrom dan Mike Krieger.
Instagram adalah aplikasi berbagi foto instan. Mirip dengan namanya yang diambil dari kata “instan” dan “telegram”. Di aplikasi Instagram ini, kita dapat mengunggah, mengomentari, dan menyukai foto.
Awalnya, aplikasi Instagram hanya bisa digunakan dan diunduh oleh pengguna iOS. Namun seiring berkembangnya aplikasi, Anda dapat menggunakan dan mengunduhnya di aplikasi Android dan ponsel Windows.
Seiring berkembangnya aplikasi, diumumkan pada 9 April 2012 bahwa Facebook telah mengakuisisi Instagram seharga $1 miliar.
Tidak seperti jejaring sosial lainnya, Path memiliki keterbatasan dalam berteman. Anda hanya dapat memiliki teman dengan total 500 orang. Jadi bisa dipastikan bahwa satu-satunya orang yang berteman dengan Anda adalah orang-orang dekat.
Awal karir Pat adalah pada November 2010. Pat adalah aplikasi yang sangat berkembang. Bayangkan, pada tahun 2011 mencapai rekor pertumbuhan pengguna dari 30.000 menjadi 300.000 dan dicapai hanya dalam waktu 4 bulan.
Google+ secara resmi diluncurkan pada 28 Juni 2011. Seperti namanya, jejaring sosial adalah milik Google.
Perusahaan terbesar di dunia ini sepertinya tidak berhenti dengan kesuksesannya dalam menciptakan jejaring sosial. Kegagalan Google+ disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap jejaring sosial. Google sedang mencoba menggabungkan Facebook, Twitter, dan Instagram menjadi satu aplikasi. Namun, pengguna tidak melihat hak istimewa sosial ini, sehingga banyak pengguna yang tidak aktif di Google+.
Namun, jika Anda seorang juru kampanye SEO, Anda harus memiliki media sosial. Sebab, selain karena jejaring sosial bisa membantu Anda mengoptimalkan SEO, itu juga karena Google+ secara resmi dimiliki oleh Google.
Kanan Digital marketing di Jakarta adalah contohnya. Ini untuk memperjelas bahwa Red Tree Asia adalah pemasaran digital di Jakarta.
Situs jejaring sosial LinkedIn berfokus pada Anda yang ingin membangun hubungan profesional. Pada pertengahan tahun 2016 tercatat LinkedIn di Indonesia telah mencapai 8 juta pengguna.
Sejak diluncurkan secara resmi pada 5 Mei 2003 oleh Reid Hoffman, hingga saat ini perkembangannya terlihat pada jalinan silaturahmi.
Pada tahun 2016, LinkedIn resmi diakuisisi oleh Microsoft senilai Rp 340,6 miliar. Akuisisi Microsoft atas LinkedIn diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan LinkedIn.
Hal di atas akan Anda dapatkan jika menggunakan media sosial dalam hal yang positif. Tentu ada juga hal negatif yang bisa Anda dapatkan dari media sosial. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan jejaring sosial yang Anda gunakan dengan bijak. Media sosial terdiri dari banyak jenis jaringan untuk orang-orang yang terlibat dalam berbagai kepentingan yang berbeda. Pemasaran dan periklanan media sosial tidak mahal dan efektif karena membantu Anda terhubung dengan khalayak luas. Mengetahui jenis media sosial yang populer dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang lebih bertarget dan bermakna. Pada artikel ini, kami menjelaskan mengapa media sosial penting untuk mempromosikan barang atau jasa merek Anda dan membahas berbagai jenis yang banyak digunakan dan sangat populer.
Platform media sosial membantu Anda membangun kesadaran merek, berkomunikasi dengan pelanggan, membangun pemirsa khusus, dan meningkatkan penjualan tanpa menghabiskan anggaran pemasaran Anda secara berlebihan. Konten yang bermanfaat dapat menarik lebih banyak calon pelanggan, membantu mereka mengingat merek Anda. Membangun merek yang konsisten di beberapa situs web media sosial memungkinkan Anda menciptakan kehadiran yang sukses saat berinteraksi dengan pelanggan. Anda dapat menggunakan media sosial untuk menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan masalah, dan memberi tahu mereka tentang acara mendatang atau penjualan khusus.
Mengetahui perbedaan antara jenis media sosial dan cara pengguna berinteraksi dengannya dapat membantu Anda terlibat secara lebih efektif dengan calon pelanggan.
Berikut adalah beberapa jenis media sosial yang paling populer. Harap perhatikan bahwa tidak ada perusahaan yang disebutkan dalam artikel ini yang berafiliasi dengan Indeed.
Situs jejaring sosial membantu orang terhubung satu sama lain dan menyediakan banyak cara bagi berbagai merek untuk menarik orang. Pengguna dapat membagikan pemikiran mereka, membentuk grup berdasarkan minat mereka, membuat konten, mengunggah foto dan video, dan berpartisipasi dalam diskusi grup. Anda dapat menjangkau audiens yang luas dan beragam dengan iklan dan meyakinkan influencer dengan metrik penargetan yang tepat. Anda juga dapat membangun hubungan antara merek Anda dan orang-orang ini, meneliti preferensi pengguna, dan memantau percakapan online tentang bisnis Anda. Mempelajari apa yang diposkan orang tentang merek Anda di media sosial dapat membantu Anda menggunakan informasi ini untuk menciptakan kehadiran yang positif dan meningkatkan kesadaran merek.
Kelompok diskusi mendorong orang untuk saling menjawab pertanyaan dan berbagi ide dan berita. Banyak situs jejaring sosial berfokus pada mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan jawaban terbaik; Menjawabnya dengan benar dan jujur dapat meningkatkan kredibilitas Anda dalam kelompok. Dan kredibilitas dan rasa hormat itu dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web perusahaan atau produk Anda. Anda juga dapat menggunakan forum diskusi untuk melakukan riset pasar dengan menanyakan pendapat orang tentang produk dan merek Anda. Ini dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang lebih terfokus.
Situs jejaring sosial ini memungkinkan orang untuk berbagi foto dan konten terkait. Mereka menyediakan platform untuk memulai percakapan, menginspirasi kreativitas, membuat produk terlihat lebih menarik, dan mendorong pelanggan untuk membicarakan merek Anda. Misalnya, sebuah perusahaan pakaian mungkin memberikan kesempatan untuk memenangkan sertifikat hadiah kepada siapa saja yang memposting gambar perlengkapan mereka di jaringan berbagi gambar.
Jaringan bookmark adalah platform tempat pengguna menyimpan berbagai ide, artikel, posting, dan konten lainnya untuk digunakan nanti. Banyak orang juga membagikan tautan ke daftar sumber daya online. Tujuan situs web ini adalah untuk menemukan konten baru berdasarkan minat bersama dan mendiskusikan tren. Anda dapat menggunakan jaringan ini untuk mengarahkan orang ke situs web Anda dan berinteraksi dengan serta memengaruhi opini mereka dengan membagikan konten Anda sendiri di bookmark.
Jejaring media sosial ini memberi Anda tempat untuk memposting pemikiran Anda tentang pekerjaan Anda, acara terkini, hobi, dan lainnya. Anda dapat menikmati banyak manfaat memiliki blog sendiri tanpa harus menghostingnya di situs web Anda sendiri. Anda juga dapat menarik pembaca baru dari sekelompok orang yang mengunjungi web untuk mencari konten yang menarik. Pertimbangkan untuk menulis postingan blog tentang cara kreatif menggunakan produk Anda atau postingan berita tentang industri Anda untuk mendorong lebih banyak lalu lintas ke akun Anda.
Situs-situs ini memiliki ulasan pelanggan tentang perusahaan, memberi pengguna perspektif komprehensif tentang jenis layanan dan produk yang ditawarkan serta kepuasan secara keseluruhan. Ulasan pelanggan dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah umum yang dimiliki banyak orang dan memungkinkan Anda meningkatkan pengalaman mereka dari waktu ke waktu. Mempromosikan ulasan positif dan memperlakukan ulasan negatif dengan hati-hati dapat membuat bisnis Anda lebih populer dan meningkatkan kesadaran merek.
Gunakan jaringan khusus ini untuk berbagi hobi dan minat unik Anda dengan orang lain. Situs dan aplikasi yang terkait dengan industri Anda juga dapat membantu Anda terhubung dengan orang-orang dengan minat yang sama. Misalnya, situs berbasis minat memungkinkan orang berbicara tentang buku favorit mereka dan menerima rekomendasi tentang apa yang harus dibaca selanjutnya. Penulis dapat membuat halaman profil untuk mempromosikan karyanya dan menjawab pertanyaan dari pembaca.
Situs-situs ini memberi orang akses ke sumber daya dengan mendorong mereka untuk berbagi barang dan jasa. Misalnya, situs ekonomi berbagi yang berfokus pada hewan peliharaan dapat membantu pengguna menemukan seseorang yang bersedia membawa anjingnya berlibur. Ini akan lebih murah daripada kandang dan lebih nyaman untuk hewan peliharaan. Jika bisnis Anda menjual mainan atau makanan hewan, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru melalui iklan, mungkin menawarkan promosi untuk produk atau layanan Anda untuk dicoba oleh pengguna.
Jaringan membantu orang melihat tren, berbagi penemuan hebat, berbelanja, dan mengikuti merek favorit mereka. Mereka fokus pada e-commerce, dan elemen sosial membuatnya menarik dan menghibur. Situs belanja sosial ini bagus untuk membangun kesadaran merek Anda dan menjual ke khalayak yang lebih luas.
Banyak dari mereka mengizinkan penghobi dan pemilik usaha kecil untuk menjual karya seni, perhiasan, kerajinan tangan, dan barang lainnya. Penjual dapat menjangkau pelanggan yang mencari produk buatan tangan