Teori Promosi Menurut Para Ahli

Teori Promosi Menurut Para Ahli – Pada dasarnya promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran dimaksudkan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarluaskan informasi, mempengaruhi/membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran suatu perusahaan dan produknya agar siap menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkannya. perusahaan yang bersangkutan. (Tjiptono, 2002: 219). Secara umum proses komunikasi pemasaran dapat digambarkan pada Gambar 1.

Terence A. Shimp (2000:6) mengatakan bahwa kegiatan promosi terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang berusaha melakukan pembelian suatu produk secara cepat atau pembelian dalam waktu yang singkat.

Teori Promosi Menurut Para Ahli

Menurut Terence A. Shimp (2000:7), promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. Kelima fungsi tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Definisi Dan Penjelasan Promosi Penjualan Dalam Marketing

Melalui promosi, kami membuat konsumen mengetahui produk baru, mengedukasi mereka tentang fitur dan keunggulan merek, dan memungkinkan terciptanya citra perusahaan yang menawarkan produk atau layanan. Promosi memiliki peran informasi lain yang berharga, baik untuk merek yang diiklankan maupun untuk konsumennya, karena promosi mempelajari keunggulan baru dari merek yang ada.

Media promosi atau periklanan yang baik dapat meyakinkan pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. Terkadang kepercayaan dipengaruhi oleh bentuk permintaan primer, yaitu penciptaan permintaan untuk seluruh kategori produk. Lebih sering, promosi mencoba membangun permintaan sekunder, permintaan akan merek perusahaan tertentu.

Periklanan membuat merek perusahaan tetap segar di benak konsumen. Ketika kebutuhan muncul untuk produk atau layanan yang diiklankan, pengaruh promosi masa lalu memungkinkan merek pengiklan muncul di benak konsumen. Selain itu, iklan telah terbukti mempengaruhi peralihan merek dengan mengingatkan konsumen yang belum lama ini membeli merek yang tersedia dan mengandung atribut yang disukai.

Ada tiga cara dasar perusahaan dapat menambah nilai pada penawaran mereka, berinovasi, meningkatkan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tersebut sepenuhnya independen. Promosi yang efektif membuat merek terlihat lebih elegan, berkelas, lebih bergengsi dan lebih tinggi dari penawaran pesaing.

Teori Promosi Kesehatan

Iklan adalah alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan. Periklanan mengontrol proses penjualan produk perusahaan dan memberikan pengenalan yang berharga kepada tenaga penjualan sebelum melakukan kontak pribadi dengan pelanggan potensial. Usaha periklanan, waktu dan biaya dapat dihemat karena membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang fitur dan manfaat produk jasa. Selain itu, iklan melegitimasi atau membuat klaim perwakilan penjual lebih kredibel.

Jika fungsi di atas lebih ditujukan kepada konsumen, maka fungsi promosi juga bertujuan untuk memenangkan persaingan dengan pesaing. Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan dalam dunia pemasaran atau promosi adalah dengan memanfaatkan hubungan masyarakat dengan baik.

Perusahaan berusaha untuk menjadi “dapat dipercaya” dan “bersahabat” dengan masyarakat sekitar. Ini sangat diperlukan saat mendirikan cabang perusahaan di area baru.

Semua alat tulis yang digunakan, mulai dari kartu nama, kertas, dan amplop, harus didesain untuk meningkatkan citra perusahaan. Selain itu, media identifikasi juga dapat digunakan untuk objek dan infrastruktur lain seperti gedung, truk, dll.

Bauran Pemasaran: Pengertian Dan Konsep [barang Dan Jasa]

Perusahaan dapat ‘memenangkan’ hati masyarakat sasaran melalui partisipasi sosial, seperti membangun jembatan, masjid, taman, dan fasilitas umum lainnya.

Posted on September 19, 2008 in Merancang komunikasi visual dan menandai Pemasaran, Promosi. Tambahkan permalink ke bookmark Anda. 12 comments Dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang pemasaran, internet merupakan salah satu media promosi global. Di era informasi global, informasi dapat disebarkan dan diterima dengan mudah dan cepat, hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi yang sedang populer saat ini yaitu internet. Toko Variasi 53 merupakan salah satu toko mikro di Bandung yang bergerak di bidang variasi sepeda motor, selain promosi produk secara langsung, Variasi 53 juga melakukan promosi melalui media internet, penggunaan media internet oleh toko Variasi 53 sudah baik tetapi kurang lengkap karena hanya mengetahui beberapa warga Bandung dan beberapa orang yang berada di luar kota atau provinsi, mengakibatkan kurangnya konsumen untuk mengetahui produk apa saja yang dijual toko 53 macam tersebut.

3 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan promosi melalui media internet pada toko dengan berbagai produk 53 Bandung Bagaimana respon responden terhadap pelaksanaan promosi melalui media internet yang dilaksanakan oleh berbagai toko 53 bandung

Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang diperlukan sebagai sumber informasi untuk analisis penyusunan tugas akhir guna memenuhi persyaratan ujian ujian di Universitas Komputer Indonesia. Sedangkan tujuan penelitian adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui implementasi promosi melalui media internet di toko versi 53 Bandung. Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap pelaksanaan promosi melalui media internet oleh toko variasi 53 Bandung.

Jenis Promosi Terbaik, Strategi & Tips Implementasinya

Pengertian promosi menurut para ahli adalah sebagai berikut: Bukhari Alma (2006:292): “Promosi adalah komunikasi yang memberikan informasi kepada calon konsumen tentang suatu produk yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen serta mendorong mereka untuk membeli”. . Menurut Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman (2002:123): Promosi adalah komunikasi informasi antara penjual dan pembeli, yang tujuannya adalah mengubah sikap dan perilaku pembeli yang sebelumnya tidak tahu bahwa mereka harus dipercaya. , sehingga pembeli akan mengingat kembali produk tersebut. . . Dari definisi para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa promosi adalah sarana komunikasi dan penyampaian pesan yang dilakukan baik oleh perusahaan maupun perantara dengan tujuan memberikan informasi tentang produk, harga dan lokasi. Informasi harus menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen atau perantara. Singkatnya, promosi ini mengacu pada upaya mengarahkan seseorang untuk mengetahui produk perusahaan, kemudian memahaminya, mengubah sikap, misalnya menjadi percaya, kemudian akhirnya membeli dan akan selalu mengingat produk tersebut.

6 Bauran Promosi Menurut William J. Stanton dalam buku Djaslim Saladin (2003:172): “Bauran promosi adalah gabungan antara penjualan langsung, periklanan, promosi penjualan, periklanan dan hubungan masyarakat yang membantu tercapainya tujuan perusahaan”. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya, antara lain: Personal selling 2. Media periklanan, periklanan, televisi, media radio, media cetak, periklanan online, promosi penjualan, periklanan.

Iklan merupakan salah satu metode promosi melalui media internet. Iklan online adalah bentuk promosi yang menggunakan Internet dan World Wide Web untuk menyampaikan pesan pemasaran untuk menarik pelanggan. Contoh iklan online antara lain iklan kontekstual yang muncul di halaman hasil mesin pencari, iklan spanduk, iklan dalam teks, iklan media sosial, iklan baris online, iklan gratis, jaringan iklan, dan pemasaran email, termasuk spam. Saluran terbaru untuk komunikasi langsung dan penjualan ke pelanggan adalah saluran elektronik. Salah satu saluran elektronik adalah Internet. Internet menawarkan peluang bagi pemasar dan konsumen untuk interaksi dan individualisasi yang jauh lebih besar.

8 Kerangka Pemikiran Disadari atau tidak, promosi telah mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak langsung. Peran promosi sangat penting untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya, karena kegiatan perusahaan ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang memungkinkan perusahaan bertahan, berkembang dan menghasilkan keuntungan. Menurut Djaslim Saladin (2003:171) mengatakan: “Promosi merupakan salah satu unsur bauran pemasaran suatu perusahaan, yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk dan memanggil kembali produk perusahaan.” Dalam hal ini promosi dilakukan melalui media internet. media, media adalah cara komunikasi umum, yang mencakup pesan dari iklan televisi, majalah, surat kabar, internet, dll. Media yang digunakan adalah media melalui internet. E-marketing (Electronic Marketing) menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sisi pasar dari e-commerce, yang terdiri dari pekerjaan perusahaan untuk komunikasi, promosi dan penjualan barang dan jasa melalui internet. Indikator promosi media internet : Isi pesan Format pesan Sumber pesan Struktur pesan Sumber : Philip Kotler (2005 : 254)

Pdf) Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi

9 Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan karya akhir ini adalah metode deskriptif yaitu gambaran keadaan perusahaan berdasarkan data dan informasi aktual dengan mengumpulkan terutama informasi dan data tentang promosi melalui media internet, dikumpulkan, diklasifikasikan dan dianalisis. melaksanakan toko dengan berbagai produk 53 Bandung. Operasionalisasi Variabel Dalam melakukan penelitian ini sebagai sarana untuk mendapatkan data laporan tugas akhir ini, penulis melakukan survei terhadap 53 toko varietas Bandung, dan peneliti tertarik untuk melakukan promosi melalui media internet pada 53 toko varietas Bandung.

Konsep Variabel Indikator Skala Skala Promosi melalui media Internet E-marketing adalah pasar dari e-commerce, yang terdiri dari pekerjaan perusahaan untuk berkomunikasi, mempromosikan dan menjual barang dan jasa melalui Internet. Armstrong dan Kottler (2004:74) Isi pesan Tingkat perhatian Tingkat minat Tingkat minat pembelian Format jenis pesan Tingkat daya tarik gambar Tingkat kecocokan warna Sumber pesan Tingkat keahlian pembuat pesan Tingkat kepercayaan pada sumber pesan Tingkat kesukaan terhadap sumber pesan Struktur pesan Tingkat kejelasan kata – kata tingkat pemahaman kata dalam iklan tingkat kata positif

Profil responden Karakteristik responden menurut jenis kelamin Berdasarkan jenis kelamin, maksimal 37 pria menjawab kuesioner dengan share 74%, disusul 13 responden dengan share 26%. Dari data tersebut terlihat bahwa selisih persentase antara responden dan responden sangat besar yaitu 48% yang menandakan bahwa mayoritas pengunjung Varian 53 Bandung adalah laki-laki. Karakteristik responden Menurut umur Sebagian besar responden berusia antara tahun dengan persentase 50%, urutan kedua umur antara dan dengan persentase 20%, urutan ketiga adalah usia ≥ 30 tahun dengan

Teori belajar menurut para ahli, teori kepemimpinan menurut para ahli, teori kewirausahaan menurut para ahli, teori kurikulum menurut para ahli, teori investasi menurut para ahli, teori keperawatan menurut para ahli, teori internet menurut para ahli, teori kognitif menurut para ahli, teori kebersihan menurut para ahli, strategi promosi menurut para ahli, teori insomnia menurut para ahli, promosi online menurut para ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like