Xpander Cross Penggerak Roda Belakang

Xpander Cross Penggerak Roda Belakang – JAKARTA – Di penghujung tahun 2019 lalu, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS) membuat kejutan dengan memperkenalkan model baru Xpander Cross. Merek asal Jepang itu mengklaim Xpander Cross merupakan perpaduan antara kenyamanan MPV dan kekuatan SUV. Pasalnya, Xpander Cross sebenarnya berbasis Xpander, MPV ternama yang pertama kali hadir di Tanah Air.

Sebagai pembeda, Mitsubishi memasang berbagai pembaruan pada Xpander Cross mulai dari eksterior, kaki-kaki hingga interior. Spesifikasi Xpander Cross terlihat jelas dari brosur yang beredar. Sebenarnya sebagian besar masih sama dengan versi Xpander MPV, namun tentunya ada beberapa perbedaan.

Xpander Cross Penggerak Roda Belakang

Di atas kertas, dimensi Mitsubishi Xpander Cross lebih besar dari Xpander biasa. Panjang Xpander Cross 4500 mm, lebar 1800 mm, tinggi 1750 mm, wheelbase 2700 mm. Dengan ukuran tersebut, berarti Xpander Cross lebih besar 50 mm dari model compact MPV. Dimensi ekstra yang didapat Xpander Cross diduga karena disematkannya elemen bodi di sekelilingnya sehingga menimbulkan kesan kasar.

Mitsubishi Xpander Cross 2022, A Prueba

Namun dari segi dimensi, ground clearance Xpander Cross menjadi perhatian yang menarik. Ground clearance terendah 225mm, lebih tinggi 20mm dari versi Xpander MPV. Peningkatan jarak dari tanah disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah kombinasi roda 17 inci dan ban 205/55 yang lebih besar, dan yang terakhir adalah paket pegas dan peredam kejut yang semuanya baru.

Eksterior Mitsubishi Xpander Cross disebut memiliki desain khusus yang sesuai dengan gaya hidup konsumen yang membutuhkan kendaraan dengan kepribadian tangguh. Untuk mencerminkan karakter tangguh tersebut, Xpander Cross mendapat sejumlah tambahan elemen bodi di bagian depan, samping, dan belakang.

Di bagian depan, Xpander Cross memiliki tambahan bantalan geser plastik hitam di kiri dan kanan bawah serta panel perak di bagian bawah dan tengah. Mobil ini memiliki penjual yang relatif besar dan bulat dengan pemasangan samping. Ada juga panel perak besar di tengah side skirt. Tak ketinggalan pula adanya roof rail di bagian atap yang seolah menambah karakter SUV yang tangguh. Di belakangnya, bumper Xpander Cross mendapat skid plate hitam dan plat silver di bagian tengah. Konsep desainnya sama dengan bagian depan dan samping.

Sekilas, Xpander Cross terlihat mirip dengan Xpander MPV dengan segala tambahan yang membuatnya terlihat tangguh. Ternyata anggapan tersebut hanya berdasarkan pandangan sepintas. Nyatanya, Xpander Cross sudah mengalami banyak ubahan, terutama di bagian depan. Memiliki bentuk bumper yang disebut dengan grille, hingga lampu yang berubah total dari Xpander sebelumnya. Ya, lampu utama dan lampu kabut sepertinya patut mendapat pujian lebih karena dulunya menggunakan LED.

New Xpander Dan Cross, Apa Kelebihan Dari Performa Mesin Dan Spesifikasinya

Secara keseluruhan, desain compact SUV ini lebih boxier dan memiliki badge Mitsubishi yang lebih besar. Selain itu, tentunya tulisan “Xpander Cross” terlihat jelas di ujung kapnya.

Meski banyak perubahan eksternal, tampaknya interior Xpander Cross juga tidak akan mengalami nasib serupa. Ya, bisa dibilang desain kabin Xpander Cross hanya mengalami sedikit perubahan. Saat memasuki kabin, pilihan yang paling kentara adalah warna gelap. Interior Xpander Cross terpasang di langit-langit dengan kombinasi warna hitam, cokelat, dan krem.

Detail pertemuan ini tidak banyak berubah. Jok Xpander Cross yang didominasi warna hitam dan coklat berkualitas premium. Selain itu, saat ini tersedia dua pilihan material, kain dan kulit (leather).

Tidak banyak perubahan pada jok baris depan, hanya jarak pandang yang lebih baik sekarang. Penumpang di kursi baris kedua juga bisa memberikan pemandangan terbaik. Kenyamanan penumpang dinilai sangat baik, karena ruang kaki dan ruang kepala cukup lega. Selain itu, Xpander Cross menyediakan ruang kaki dan ruang kepala untuk penumpang baris belakang, yang juga cocok untuk penumpang dewasa.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Sedangkan untuk dapur pacu, Xpander Cross menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya yakni mesin 4A91 berkapasitas 1499cc. Dengan mesin tersebut, Xpander Cross disebut mampu menghasilkan tenaga 102 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Kemudian tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Mitsubishi Xpander Cross hadir dalam tiga versi berbeda. Harga Mitsubishi Xpander Cross berkisar Rp 267,7 juta hingga Rp 286,7 juta untuk versi teratas. Harga Lengkap Mitsubishi Xpander Cross (OTR Jakarta November 2019):

Tags: eksterior xpander harga xpander cross interior xpander cross Mitsubishi xpander cross spesifikasi mesin xpander cross xpander cross

Dimas Hadi memulai karirnya sebagai reporter otomotif di Indonesia pada tahun 2016. Sebelumnya, sejak tahun 2009 telah menulis berbagai artikel sosial budaya dan beberapa penelitian lainnya. E-mail: [email protected]Tren kendaraan modern light-duty vehicle (LSUV) atau crossover semakin banyak menggunakan penggerak roda depan. Hal tersebut membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan Mitsubishi Xpander Cross 2021 dengan sistem penggerak roda depan atau lebih dikenal dengan penggerak roda depan (FWD). Sebagai karakter utama yang bergerak.

Gambar 7 Detail Tentang Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama

Menurut situs resminya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 dibanderol mulai dari Rp 276,5 juta hingga Rp 299,5 juta on the road Jakarta sebagai LSUV penggerak roda depan tujuh tempat duduk.

Saat pertama kali keluar, sistem FWD banyak dicemooh karena dianggap tidak sekuat penggerak roda belakang. Tentunya sistem diferensial depan yang digunakan pada Mitsubishi Expander Cross 2021 memiliki banyak keunggulan.

Mobil penggerak roda depan lebih mudah dikendarai daripada mobil penggerak roda belakang (RWD).

Alasannya, mobil penggerak roda depan memiliki kabin yang lebih luas daripada kebanyakan mobil penggerak roda belakang karena tidak adanya tonjolan di bagian tengah.

Harga Dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander Cross

Selain itu, kemungkinan besar suara dengung Mitsubishi Xpander Cross 2021 tidak akan terjadi pada mobil dengan sistem penggerak RWD, misalnya yang disebabkan oleh keausan roda gigi atau gardan diferensial.

Tidak benar jika mobil berpenggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 dinilai kurang bisa diandalkan, apalagi di jalanan licin.

Justru dengan diperkenalkannya front differential, keunggulan Mitsubishi Xpander Cross 2021 adalah daya cengkeram mobil di jalan licin, terutama saat hujan. Mobil FWD dikenal memiliki traksi yang lebih baik di jalanan licin.

Ini karena roda depan dirancang untuk menarik mobil, bukan seperti mobil RWD. Selain itu, bobot mesin mobil membuat roda lebih kaku di bagian depan, sehingga membantu daya cengkeram saat cuaca hujan atau jalan licin.

Xpander Pakai Penggerak Roda Depan, Ini Kelebihannya Kata Mitsubishi

Mesin adalah sekumpulan bagian yang mentransfer tenaga mobil ke roda yang menggerakkan mobil.

LSUV seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki suku cadang mesin lebih sedikit dibandingkan Toyota Rush atau Daihatsu Trios yang menggunakan mesin RWD.

Biaya pembuatan lebih murah dengan unit lebih sedikit, sehingga harga jual baru sebagian besar kendaraan penggerak roda depan lebih murah. Selain itu, pemasangan train drive pada mobil penggerak roda depan dianggap lebih mudah.

Berbeda dengan mobil RWD, LSUV FWD 7 kursi seperti Mitsubishi Xpander Cross 2021 jauh lebih responsif. Ini karena torsi yang disalurkan melalui transmisi tidak harus sampai ke roda dalam prosesnya.

Ubah Mitsubishi Xpander Biasa Menjadi Xpander Cross, Berapa Biayanya?

Untuk spesifikasi mesin, Mitsubishi Xpander Cross 2021 dibekali jantung mekanis berkapasitas 1,5 liter berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1499 sentimeter kubik. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 106 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Alat pacu jantung ini ditanamkan dengan struktur melintang (melintang), yang menjadi ciri khas kendaraan penggerak roda depan. Mesin Mitsubishi Xpander Cross 2021 memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan, traksi spontan, dan efisiensi bahan bakar melalui kombinasi mesin canggih dan katup peredam kejut.

Bahkan, selama pengujian, LSUV tujuh tempat duduk andalan Mitsubishi mampu mencapai kecepatan 12,8 km/l untuk penggunaan perkotaan. Sedangkan dengan berkendara terus menerus di jalan tol, jarak tempuh yang tercatat adalah 17,6 km/liter.

Jika berbicara tentang rival berpenggerak roda belakang, Toyota Rush dan Daihatsu Trios, keduanya dinilai lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Disebutkan, konsumsi bahan bakar 10 km/liter dalam penggunaan perkotaan dan 16,4 km/liter di luar kota dapat dicapai.

Komparasi Suzuki Xl7 Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross,

Penggunaan roda depan untuk peluncuran Mitsubishi Xpander Cross 2021 sebenarnya memiliki banyak keunggulan bagi LSUV bermerek Mitsubishi ini.

Mitsubishi Xpander Cross 2021 tidak hanya lebih responsif, lebih irit bahan bakar, dan kabin lebih lebar, tetapi juga lebih mudah dan murah untuk diperbaiki karena cengkeramannya lebih erat, dan lebih andal di jalan licin.

Setidaknya ada beberapa kekurangan yang Anda lihat pada mobil FWD. Kerugiannya antara lain tanda-tanda understeer, kecenderungan bergerak ke kiri atau ke kanan saat menderek, terpeleset saat menaiki tanjakan yang relatif curam, dan bagian kaki yang mudah cedera.

Pengagum industri otomotif sejak kecil yang gemar membersihkan kendaraan di akhir pekan membuat penulis semakin jatuh cinta dengan dunia otomotif. Pada akhirnya hobi tersebut membawanya ke dunia menulis, sebuah pertanyaan yang sering muncul akibat penggunaan roda bergerak pada kedua mobil tersebut. Toyota New Rush menggunakan penggerak roda belakang (RWD), sedangkan Mitsubishi Xpander Cross menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Jurus Jitu Penggerak Roda Depan Mitsubishi Xpander Kuat Nanjak

Nyatanya, sistem penggerak empat roda masih menjadi perdebatan di kalangan pengguna mobil. Beberapa orang berpendapat bahwa mobil penggerak roda belakang lebih andal di tanjakan, sedangkan penggerak roda depan tidak dapat mengatasi tanjakan. Depan dan belakang.

Memang, membandingkan kemampuan Mitsubishi Expander Cross dan Toyota New Rush agak timpang karena keduanya menempati segmen yang berbeda. Toyota New Rush berada di segmen small sport utility vehicle (LSUV), sedangkan Mitsubishi Xpander Cross berada di segmen small multipurpose vehicle (LMVP).

Namun, tentunya tidak ada salahnya untuk melihat manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like